Legislator Ajak Masyarakat Galakkan Budaya Gotong Royong

27-12-2019 / KOMISI VIII

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily. Foto : dok/Man

 

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily, meresmikan Pipanisasi air bersih di kampung Bunikasih, Desa Sukaluyu, Pangalengan, Kabupaten Bandung. Peresmian Pipanisasi air bersih ini merupakan bagian dari Program Keserasian Sosial Kementerian Sosial RIDalam sambutannya, Ace berpesan agar dalam merealisasikan program Pemerintah seperti Pipanisasi ini tetap menggalakkan budaya gotong royong dan mendorong partisipasi masyarakat.

 

“Jangan semua program Pemerintah itu ditangani dengan pendekatan proyek dan diserahkan kepada kontraktor. Kita harus terus menumbuhkan kekeluargaan, gotong royong dan partisipasi masyarakat dalam mengelola kebutuhan masyarakat seperti pengelolaan air” ujar Ace belum lama ini saat reses tahun sidang pertama DPR RI masa bhakti 2019-2024.

 

Dalam rilis yang diterima Parlementaria, politisi Fraksi Partai Golkar ini menyampaikan, acara peresmian ini ditandai dengan pembukaan tirai Tugu Keserasian Sosial dan peninjauan MCK dan Kolam penampung air yang disaksikan Kepala Desa Sukaluyu, Dadang Kurniawan, tokoh masyarakat dan masyarakat sekitarnya. Kampung Bunikasih, Desa Sukaluyu, Pangalengan ini terletak di daerah pegunungan teh yang berbatasan langsung dengan dua Kabupaten, yaitu Garut dan Cianjur. Sebagian besar warganya bekerja sebagai buruh perkebunan teh milik swasta.

 

Di sisi lain, Kepala Desa Sukaluyu Dadang Kurniawan mengungkapkan, Program pipanisasi air bersih di daerah pegunungan Pangalengan ini sangat membantu warga dalam pengadaan air bersih. “Selama ini, untuk mendapatkan sumber air bersih warga kampung ini harus ke sumber puncak gunung yang jaraknya sangat jauh” ujar Dadang.

 

Lebih lanjut Dadang menyampaikan terima kasih dan terharu atas kunjungan Pimpinan Komisi VIII DPR RI ke pelosok perbatasan Kabupaten Bandung dengan Kabupaten Garut dan Cinajur ini. “Ini merupakan kunjungan pertama Anggota DPR RI ke daerah pelosok ini” kata Dadang menambahkan.

 

Di samping itu, Ketua Forum Keserasian Sosial Kecamatan Pangalengan Atep mengatakan bantuan Pipanisasi mempermudah masyarakat kampung untuk mendapatkan akses air bersih. “Dengan adanya bantuan Pipanisasi dan membuat kolam penampung air bersih mempermudah bagi warga kampung Buniasih untuk mendapatkan air yang didistribusikan ke setiap rumah” kata Atep. (eko/es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Anggota DPR Dorong Kementerian PPPA Bentuk Satker Ketahanan Keluarga
20-02-2020 / KOMISI VIII
Anggota Komisi VIII DPR RI Bukhori Yusuf menegaskan, lembaga pemerintah seperti Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) maupun instansi...
Perlindungan Anak Harus Diprioritaskan
19-02-2020 / KOMISI VIII
Anggota Komisi VIII DPR RI Asli Chaidir mengatakan masih banyak anak-anak di Indonesia yang menjadi korban kekerasan dan perdangangan manusia....
Kerahasiaan Data Kemiskinan Harus Terjaga
19-02-2020 / KOMISI VIII
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ihsan Yunus menilai kerahasiaan data kemiskinan di Indonesia harus terjaga dan tidak dengan mudah...
Komisi VIII Setuju Iuran BPJS Kesehatan Kelas III Tidak Naik
18-02-2020 / KOMISI VIII
Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menyatakan bahwa Komisi VIII setuju agar iuran BPJS Kesehatan bagi Peserta Bukan Penerima...