Bantuan Pendidikan Anak Korban Banjir Harus Diprioritaskan

06-01-2020 / KOMISI VIII

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily saat meninjau daerah yang terdampak banjir bandang desa Cipeundeuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (5/1/2019). Foto : Dok/Man

 

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily minta kepada Kementerian Sosial dan Pemerintah Daerah agar bantuan banjir diprioritaskan pada perlengkapan dan alat-alat pendidikan untuk anak-anak. Pasalnya, menurutnya, kegiatan belajar dan mengajar tidak boleh terhambat, terlebih lagi sudah masuk tahun ajaran baru.

 

Hal itu disampaikannya saat meninjau daerah yang terdampak banjir bandang desa Cipeundeuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (5/1/2019). Banjir bandang di Desa Cipeundeuy, Padalarang, ini telah merusak 33 rumah dan merendam 77 Kepala Keluarga (KK) sehingga tak kurang dari 300 jiwa harus mengungsi.

 

Menurut data yang diterima dari Dedi Supriadi, Ketua RT setempat, paling sedikit ada 44 orang anak usia sekolah yang kehilangan pakaian seragam dan perlengkapan sekolah lainnya akibat terendam banjir bandang pada awal tahun 2020 ini.

 

Ace Hasan yang didampingi Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Rahmat Kusnadi, meninjau beberapa rumah yang rusak dan tanggul yang jebol di sepadan kali Cieurh. Dalam rilis yang diterima Parlementaria, Senin (6/1/2020), Ace Hasan juga memastikan pelayanan bantuan dapur umum bagi para pengungsi diberikan oleh Dinas Sosial setempat beserta dengan para relawan.

 

Anggota DPR RI dapil Jawa Barat II ini juga turut berbaur bersama anak-anak yang mendapatkan layanan psikososial agar tidak mengalami trauma akibat bencana banjir bandang ini. Dalam dialog dengan anak-anak tersebut, Ace meminta kepada anak-anak untuk tetap belajar dan bersekolah sebagaimana biasa.

 

“Anak-anak harus tetap sekolah ya besok! Walaupun tidak menggunakan seragam, ya tidak apa-apa. Nanti minta keringanan kepada sekolahnya” papar Politisi Fraksi Partai Golkar itu.

 

Untuk menanggulangi tanggul yang jebol di Kali Cihaur, Ace telah berkomunikasi dengan Deputi Penanganan BNPB Dody Roswandi, untuk direhabilitasi sesegara mungkin. Ia juga meminta kepada BNPB untuk membantu merehabilitasi rumah yang rusak parah akibat banjir bandang tersebut.

 

“Saya telah berkomunikasi dengan BNPB untuk membantu meringankan pembangunan tanggul yang jebol dan memberikan bantuan rumah yang rusak parah” kata Ace Hasan yang menelepon langsung BNPB saat meninjau di lapangan. “Komitmennya, BNPB sore atau besok akan menurunkan Tim untuk mendata tingkat kerusakan di desa Cipeundeuy ini” imbuh Politisi kelahiran Banten ini.

 

Dalam kunjungan ini, Ace Hasan bersama Kementerian Sosial menyerahkan bantuan bagi masyarakat berupa 200 makanan paket siap saji, makanan anak 100 paket, mie instan 6000 bungkus, selimut 50 buah, 30 tenda gulung, 50 kasur lipat, 40 family kids, 40 kids ware dan 200 paket lauk pauk. (eko/es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Anggota DPR Dorong Kementerian PPPA Bentuk Satker Ketahanan Keluarga
20-02-2020 / KOMISI VIII
Anggota Komisi VIII DPR RI Bukhori Yusuf menegaskan, lembaga pemerintah seperti Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) maupun instansi...
Perlindungan Anak Harus Diprioritaskan
19-02-2020 / KOMISI VIII
Anggota Komisi VIII DPR RI Asli Chaidir mengatakan masih banyak anak-anak di Indonesia yang menjadi korban kekerasan dan perdangangan manusia....
Kerahasiaan Data Kemiskinan Harus Terjaga
19-02-2020 / KOMISI VIII
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ihsan Yunus menilai kerahasiaan data kemiskinan di Indonesia harus terjaga dan tidak dengan mudah...
Komisi VIII Setuju Iuran BPJS Kesehatan Kelas III Tidak Naik
18-02-2020 / KOMISI VIII
Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menyatakan bahwa Komisi VIII setuju agar iuran BPJS Kesehatan bagi Peserta Bukan Penerima...