Anggota Parlemen Inggris Sambut Baik Tujuan Delegasi BURT DPR RI

10-05-2011 / B.U.R.T.

( Sumber : www.indonesianembassy.org.uk/ )

Dalam rangka peningkatan kinerja dan upaya penguatan kelembagaan DPR RI, delegasi Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI yang dipimpin oleh dr. Indrawati Sukadis, Wakil Ketua BURT DPR RI telah melakukan kunjungan kerja ke Inggris guna melakukan pertemuan dengan anggota Parlemen Inggris pada tanggal 3 – 4 Mei 2011.

Kunjungan delegasi anggota BURT DPR RI ke Inggris tersebut memiliki arti penting yaitu untuk mempererat link dan meningkatkan kerjasama parliament-to-parliament antara anggota parlemen Indonesia dan parlemen Inggris.

Selain itu, kunjungan kerja BURT ke Parlemen Inggris tersebut dilandasi atas pertimbangan bahwa Parlemen Inggris telah memiliki kemapanan dalam membangun sistem dan mekanisme pelaksanaan tugas dan fungsi parlemen, baik dalam penetapan undang-undang, perumusan anggaran maupun pengawasan pelaksanaan kebijakan eksekutif.

Dari diskusi dan sharing of best practices dengan anggota Parlemen Inggris yang dilaksanakan pada hari pertama, anggota BURT DPR RI mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif mengenai sistem yang diterapkan di Parlemen Inggris yang mampu memberikan dukungan keahlian kepada anggota parlemen, keberhasilan dalam mengelola kehumasan parlemen serta sistem pengelolaan pertanggung jawaban anggaran parlemen yang transparan dan akuntabel yang sejalan dengan upaya DPR RI untuk meningkatkan kinerja dari anggota DPR RI.

Dari berbagai pembahasan dengan anggota parlemen Inggris dipahami bahwa sistem dan mekanisme yang telah dijalankan di DPR RI sudah mengarah (on the right track) pada negara-negara demokrasi yang mapan seperti Inggris. Selain itu, dari diskusi tersebut juga diperoleh berbagai masukan bermanfaat bagi upaya memperbaiki dan meningkatkan kinerja DPR RI baik yang telah dijalankan selama ini maupun ke depan.

Kunjungan delegasi BURT DPR RI juga disambut baik oleh anggota parlemen Inggris. Hal tersebut ditunjukkan dengan kesediaan Ketua APPGI, Mr. Khalid Mahmood MP dan anggotanya, Mr. John Speller MP (keduanya dari Partai Buruh Inggris) untuk menerima delegasi pada hari kedua. APPGI adalah kelompok di parlemen Inggris dimana anggotanya berasal dari berbagai partai yang bertujuan untuk mempromosikan minat dan pengertian tentang Indonesia diantara anggota Parlemen Inggris.

Pada hari kedua, delegasi BURT DPR RI juga dijadwalkan bertemu dengan Mr. Greg Knight MP, Chairman of Procedure Committee dan beberapa anggota House of Lords.

Kegiatan hari pertama tanggal 3 mei 2011 ditutup dengan ramah tamah delegasi BURT DPR RI dengan Duta Besar RI, kalangan masyarakat, pelajar dan media Indonesia yang berada di Inggris bertempat di KBRI London. Dalam acara tersebut, dr. Indrawati Sukadis selain menyampaikan hasil-hasil pertemuan delegasi BURT dengan anggota Parlemen Inggris juga mensosialisasikan program kerja BURT yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu lima tahun ke depan guna menggali masukan dan tanggapan dari masyarakat Indonesia yang hadir pada pertemuan tersebut. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan diskusi dan tanya jawab antara para undangan dengan delegasi BURT DPR RI.

 

Parlemen Inggris akui demokrasi Indonesia

Khalid Mahmood MP, anggota Partai Buruh Inggris yang sekaligus juga sebagai Chairman dari All Party Group on Indonesia (APGI), menyatakan bahwa Inggris mengakui keberhasilan Indonesia dalam membangun kehidupan demokrasi dan peningkatan penghormatan terhadap hak asasi manusia.

Lebih lanjut Khalid Mahmood MP juga menyatakan bahwa Indonesia yang merupakan negara dengan penduduk mayoritas Muslim merupakan bukti nyata bahwa Islam dan Demokrasi dapat hidup berdampingan dan tumbuh berkembang secara harmonis.

Pernyataan tersebut terungkap di sela-sela pertemuan antara Delegasi Anggota Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI dengan anggota Parlemen Inggris yang diselenggarakan pada tanggal 4 Mei 2011 di gedung parlemen Inggris, Westminster.

Hadir pada pertemuan tersebut Khalid Mahmood MP dan John Speller MP keduanya adalah anggota House of Commons (Majelis Rendah) dari Partai Buruh Inggris serta Baroness Cox dan Lord Ahmed dari House of Lords (Majelis Tinggi). Adapun delegasi BURT DPR RI berangggotakan 13 anggota dan dipimpin oleh dr. Indrawati Sukadis.

 Pertemuan tersebut merupakan salah satu rangkaian dari kunjungan kerja delegasi BURT DPR RI ke Inggris yang bertujuan untuk peningkatan kinerja dan upaya penguatan kelembagaan DPR RI melalui sharing of best practices sekaligus guna mempererat link antara anggota parlemen Indonesia dengan anggota parlemen Inggris serta meningkatkan kerjasama parliament-to-parliament antara anggota parlemen Indonesia dan parlemen Inggris.

Tujuan kunjungan delegasi BURT DPR RI tersebut mendapatkan sambutan positif dari anggota Parlemen Inggris yang memandang bahwa pertemuan antara anggota parlemen Indonesia dan Inggris dapat mendorong kerjasama antara parliament-to-parliament kedua negara.

Pada pertemuan tersebut, anggota Parlemen Inggris juga menyampaikan harapan mereka agar ke depan pertemuan antara anggota parlemen Indonesia dan Inggris dapat terus ditingkatkan agar kerjasama antara parlemen kedua negara dapat semakin erat terjalin.

Dalam pertemuan tersebut telah dilakukan diskusi dan tukar pendapat antara anggota DPR RI dan Parlemen Inggris terkait beberapa isu penting antara lain mengenai isu upaya pemajuan demokrasi di kawasan Asia, peningkatan kerjasama ekonomi, perdagangan dan investasi antara Indonesia-Inggris serta kerukunan antar umat beragama (interfaith dialogue).

Pada pertemuan tersebut disampaikan pula oleh anggota parlemen Inggris bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki peranan yang semakin penting, baik secara regional maupun internasional.

Oleh karena itu Parlemen Inggris juga menyambut baik atas peran aktif Indonesia (regional role Indonesia dalam konteks ASEAN) dalam mengatasi tantangan global saat ini. Selain itu anggota Parlemen Inggris juga menyampaikan apresiasi mereka terhadap upaya aktif Indonesia dalam mendorong kehidupan demokrasi dan rekonsiliasi nasional di Myanmar.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Pelayanan Jamkestama RS Yasmin Banyuwangi Penuhi Persyaratan
20-09-2019 / B.U.R.T.
Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Nurhayati Monoarfa mendapatkan bahwa Rumah Sakit (RS) Yasmin Banyuwangi masih terakreditasi...
HUT Ke-74 RI Momentum Wujudkan Cita-Cita Bangsa
16-08-2019 / B.U.R.T.
Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Novita Wijayanti mengatakan hari Jumat ini adalah hari bersejarah dan hari...
Setjen dan BK Harus Adaptif Hadapi Dinamika Perubahan
29-07-2019 / B.U.R.T.
Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso menjelaskan, Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI...
BURT DPR Apresiasi Pelayanan Kesehatan RS Murni Teguh Memorial Hospital
26-07-2019 / B.U.R.T.
Anggota Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Ribka Tjiptaning menilai Rumah Sakit Murni Teguh Memorial Hospital di Medan, Sumatera...