BURT Tinjau Fasilitas Layanan VIP Bandara Ahmad Yani

04-02-2020 / B.U.R.T.

Tim Kunker BURT DPR RI meninjau fasilitas Bandara Ahmad Yani Semarang. Foto: Sofyan/Man

 

Tim Kunjungan Kerja Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI dipimpin Wakil Ketua BURT DPR RI Evita Nursanty meninjau fasilitas serta sarana prasarana layanan Joumpa Airport VIP Service dan Lounge kepada Anggota DPR RI di Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah. BURT DPR RI hendak memastikan kesiapan stakeholder terkait di Bandara Ahmad Yani dalam memberikan pelayanan kepada Dewan.

 

“Kunker ini dalam rangka pengawasan terhadap bagaimana fasilitas Joumpa dan Lounge kepada Anggota DPR RI yang memang kedatangan dan keberangkatannya melalui Bandara Ahmad Yani, maupun juga layanan transfer penumpang,” kata Evita saat memberikan sambutan pada pertemuan Tim Kunker BURT DPR RI dengan jajaran PT. Gapura Angkasa, PT. Angkasa Pura I, di Bandara Ahmad Yani, Semarang, Jateng, Senin (3/2/2020).

 

Politisi PDI-Perjuangan itu menambahkan, salah satu kebijakan BURT adalah memberikan fasilitas layanan kepada Anggota Dewan di bandara, melalui kerja sama dengan Gapura Angkasa dan Angkasa Pura. Hingga saat ini, DPR RI telah melaksanakan perjanjian kerja sama layanan kepada Dewan ini di 18 bandara di seluruh Indonesia. Ke depannya, Evita berharap DPR RI dapat bekerja sama dengan seluruh bandara Indonesia.

 

Evita menjelaskan, Bandara Ahmad Yani telah menjadi hub Alat Kelengkapan Dewan (AKD), baik Komisi ataupun Badan, dalam melaksanakan Kunjungan Kerja Spesifik dan Kunjungan Kerja Reses, termasuk bagi Anggota DPR RI yang menjalankan Kunjungan Daerah Pemilihan (Dapil) ke Jateng. Sehingga pihaknya memastikan kesiapan dari para stakeholder di Bandara Ahmad Yani dalam memberikan pelayanan kepada DPR RI.

 

“Banyak yang melintas di Bandara Ahmad Yani. Harapan kami, kerja sama dan fasilitas yang disediakan sesuai dengan perjanjian yang ada. Tentu harapannya kerja sama bisa terlaksana dengan baik. Bandara Ahmad Yani ini serasa second home saya, karena dekat dapil. Setiap saya mau ke dapil, saya pasti melalui Bandara Ahmad Yani,” imbuh legislator dapil Jateng III itu sembari mempertanyakan kesiapan jajaran Bandara Ahmad Yani dalam menghadapi virus Corona yang belakangan ini marak.

 

Dalam kesempatan itu, perwakilan Gapura Angkasa Cokorda menjelaskan, dalam memberikan pelayanan kepada Dewan, pihaknya selalu bersinergi dan bekerja sama dengan Angkasa Pura I. Pihaknya juga telah memiliki lounge di Bandara Ahmad Yani. “Kami di Gapura Angkasa memberikan pelayanan terbaik kepada Anggota DPR RI. Kami ada 45-50 cabang yang siap menyambut dan memberikan pelayanan. Kami siapkan fasilitas dan SDM. Layanan kami saat keberangkatan dan kedatangan, termasuk transfer antar pesawat” jelasnya.

 

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Protokol Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI Suratna menjelaskan, kerja sama antara DPR RI dengan PT. Gapura Angkasa ini guna memberikan layanan keprotokolan kepada Dewan di bandara. Ia menjelaskan, kerja sama ini sudah dilakukan di 18 bandara. Ia memastikan pelayanan keprotokolan ini sudah diatur dalam Undang-Undang (UU) MD3 dan Tata Tertib DPR RI

 

“Kita ketahui, DPR sebagai lembaga negara, Anggotanya harus mendapatkan hak keprotokolan. Inilah yang kita lakukan kerja sama, sehingga dipastikan perjalanan Dewan di 18 bandara ini bisa mendapatkan layanan keprotokolan. Karena ada sekitar 255 bandara di seluruh Indonesia, layanan Gapura Angkasa ada di 45 bandara, tentu akan kita kembangkan, termasuk dengan bandara-bandara yang tidak ada kerja sama dengan Gapura Angkasa, misalnya kerja sama dengan Kementerian Perhubungan,” jelas Ratno, sapaan akrabnya.

 

Selain pertemuan, Tim Kunker BURT DPR RI juga meninjau sejumlah fasilitas yang dimiliki Bandara Ahmad Yani Semarang. Salah satunya fitur lounge, yang mendapat apresiasi dari sejumlah Anggota Dewan karena fasilitas yang lengkap. Kemudian, guna menghadapi dampak virus Corona, disediakan juga fasilitas isolasi dan tenaga medis. Fasilitas lain yang mendapat apresiasi adalah hadirnya ruang multisensori, yang satu-satunya ada di bandara di Indonesia, bahkan di Asia Pasifik. Fasilitas ini diperuntukkan bagi anak berkebutuhan khusus.

 

Turut serta dalam Kunker BURT ini, Ketua BURT DPR RI Agung Budi Santoso (F-Demokrat), Wakil Ketua BURT DPR RI Novita Wijayanti (F-Gerindra) dan Bakri (F-PAN), serta sejumlah Anggota BURT DPR RI, diantaranya Puti Guntur Sukarno dan Paramita Widya Kusuma dari F-PDI Perjuangan, Ratih Megasari Singkarru (F-NasDem), Gatot Sudjito (F-Golkar), Nasim Khan (F-PKB), dan Anton Sukartono Suratto (F-Demokrat). Turut mendampingi GM Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang Hardi Ariyanto. (sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Legislator Imbau Pemerintah Tutup Semua ‘Public Utility’
26-03-2020 / B.U.R.T.
Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah mengimbau Pemerintah untuk segera menutup tempat-tempat yang menjadi...
Pemerintah Harus Gratiskan Biaya Cek dan Pengobatan Virus Corona
25-03-2020 / B.U.R.T.
Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah mendorong pemerintah untuk fokus melakukan langkah-langkah pemberantasan virus...
Pemerintah Disarankan Manfaatkan Siaran Televisi Untuk Program Pendidikan
24-03-2020 / B.U.R.T.
Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah meminta Pemerintah Indonesia menggunakan media televisi untuk belajar....
Atasi Covid-19, Novita Wijayanti Dorong Pemerintah Gunakan Kekuatan Anggaran Semua Sektor
23-03-2020 / B.U.R.T.
Waki Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Novita Wijayanti mendorong agar pemerintah menggunakan kekuatan anggaran dari semua sektor...