Komisi IX Pastikan Natuna Bebas Corona

13-02-2020 / KOMISI IX

Wakil Ketua Komisi IX Emanuel Melkiades Lakalena. Foto : Erlangga/mr

 

Komisi IX DPR RI menjawab keresahan masyarakat akibat semakin liarnya isu bahaya virus Corona Covid-19 yang diduga dibawa oleh Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru di evakuasi dari Wuhan yang sedang diobservasi dengan melakukan kunjungan langsung ke Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (13/2/2020). Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Komisi IX Emanuel Melkiades Lakalena didampingi beberapa Anggota DPR RI lainnya juga Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto.

 

Dalam konferensi persnya seusai berkeliling sekitar hanggar Lanud Raden Sdajad, pria yang akrab disapa Melki tersebut menyatakan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan terkait penularan virus tersebut. Sebab WNI dari Wuhan di sana, diakuinya baik-baik saja dan juga masyarakat sekitar selama dua belas hari masa karantina tidak ada sama sekali ikut terjangkit virus Corona.

 

“Kami di sini baik-baik saja bahkan kami, Komisi IX tidak ada satupun menggunakan masker. Karena kami yakin bahwa WNI dari Wuhan ini sehat semua. Mereka juga terus dipantau perkembangannya, juga berolahraga rutin. Yang kami ingin pastikan bahwa masyarakat semua harus yakin dan beranggapan positif bahwa mereka bukan pembawa wabah mematikan. Mereka saudara kita sebangsa dan setanah air. Itu yang harus diyakinkan,” ungkap Melki.

 

Politisi Partai Golkar tersebut justru mengaku salut terhadap WNI dari Wuhan yang menurutnya berhasil membuktikan betapa kentalnya persatuan bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman dari luar. Ia pun menambahkan, ketika mereka diperbolehkan pulang, mereka akan disambut di Jakarta oleh Komisi IX DPR RI bersama keluarga mereka masing-masing.

 

“Tadi sehat-sehat ya dan mereka senang tinggal dua hari lagi akan pulang. Dan bagi kami mereka ini adalah orang-orang yang sudah membuktikan bahwa kita ini satu bangsa Indonesia, berdiri bersama untuk menghadapi musibah semacam ini. Nanti kami sendiri yang akan menjemputnya bersama keluarga. Hal ini telah menjadi komitmen kami, juga kami akan ajak beberapa pihak seperti tokoh masyarakat untuk mendukung para WNI dari Wuhan ini menghilangkan traumanya,” imbuhnya.

 

Terakhir ia mengapresiasi tim gabungan TNI-Polri, dan Kemenkes serta Pemkab Natuna juga seluruh stakeholder yang bersatu padu bekerja sama menjawab keraguan dunia bahwa Indonesia tidak bisa mengatasi virus Corona Covid-19. “Nyatanya penanganannya bagus sampai hari ini kita lihat baik pemerintah di pusat maupun di Natuna. TNI-Polri juga bekerja bagus, Kemenkesnya luar biasa. Kita siap memulangkan mereka ke daerah asal masing-masing,” tukasnya. (er/es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Anggota DPR Kritisi Kalung Antivirus Buatan Kementan
07-07-2020 / KOMISI IX
Kalung antivirusCorona menjadi perbincangan hangat di masyarakat setelah Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pertanian (Kementan) mengeluarkan kalung berbahan baku...
'Rapid Test' Masih Diperlukan
06-07-2020 / KOMISI IX
Komisi IX DPR RI menilai rapid test di Indonesia masih dibutuhkan karena alat testpolymerase chain reaction(PCR) dan Tes Cepat Molekuler...
Kementan Harus Libatkan Lembaga Riset Soal Temuan Obat Anticorona
06-07-2020 / KOMISI IX
Klaim Kementerian Pertanian (Kementan) yang telah menemukan obat antivirus Corona (Covid-19), sebaiknya harus melibatkan berbagai lembaga riset. Anggota Komisi IX...
Penghentian Program Kartu Prakerja Diapresiasi
03-07-2020 / KOMISI IX
Langkah pemerintah menghentikan sementara program kartu prakerja, diapresiasi Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay. Menurutnya, penghentian ini sudah...