DPR Ajak Masyarakat Beri Dukungan Pada Tim Medis

24-03-2020 / PIMPINAN

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel. Foto: Andri/Man

 

DPR RI mengajak kepada seluruh komponen bangsa memberikan penghargaan, dukungan, dan motivasi sebesar-besarnya kepada seluruh tim medis  yang kini berjibaku di  garda terdepan menangani pandemi virus Corona (Covid-19). Mereka tidak hanya totalitas dalam bekerja, tetapi juga menomorduakan kepentingan pribadinya hingga rela kehilangan jiwa demi menyelamatkan ribuan warga yang terpapar virus Corona dari kematian.

 

“Saya tak akan pernah berhenti untuk mengajak masyarakat bahu-membahu membangun solidaritas dalam bentuk apapun, termasuk memenuhi ajakan Pemerintah melakukan social distancing. Jika upaya ini berhasil menekan dan menghentikan pandemi Corona, pada akhirnya tidak saja menolong sesama rakyat dan negara, tetapi juga menolong tim medis yang kini berjibaku di puluhan ribu Puskesmas, ratusan rumah sakit rujukan, dan karantina memutus mata rantai pandemi,” tegas Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel dalam rilis yang diterima Parlementaria, Senin (23/3/2020).

 

Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Perdagangan itu menyatakan, bersama Pimpinan DPR RI lainnya, ia akan membantu Pemerintah menemukan cara tercepat menangani dan menghentikan merebaknya pandemi yang lebih luas dan lebih besar lagi. Apakah itu dalam bentuk percepatan pembahasan di sektor anggaran, pencairan, maupun menemukan terobosan memutus hambatan yang akan memperlambat proses penanganan Covid-19. Selain itu, sebagai Anggota Komisi XI DPR RI, ia  akan terus mengawal langkah yang akan diambil dalam kepentingan penanganan masalah ini.

 

“Saya akan memprioritaskan fungsi pengawasan sebagai Anggota dan Pimpinan Dewan untuk menjaga kebijakan Pemerintah dalam menangani wabah Corona ini, termasuk tentunya pemberian penghargaan dan insentif yang layak kepada seluruh tim medis yang telah berjibaku. Ini penting, karena mereka tak hanya memberikan tenaga, keahlian, juga jiwanya kepada negara di atas kepentingan pribadi dan keluarganya,” ujar legislator Partai NasDem dan daerah pemilihan (dapil) Gorontalo ini.

 

Untuk meningkatkan efektivitas penanganan Covid-19, Presiden Joko Widodo telah membentuk Gugus Tuga Penanganan Corona yang dipimpin oleh Ketua Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo. Berdasarkan data terakhir, masyarakat yang positif terserang virus ini terdeteksi sudah menyebar ke 20 provinsi. Berdasarkan data dari situs resmi yang dilansir BNPB, per Senin (23/3/2020) pukul 12.00 WIB, total yang sudah positif terjangkit Corona mencapai 579 orang atau meningkat 65 orang.

 

Sementara dibandingkan data pada Minggu (22/3/2020) dimana juga yang positif baru mencapai 514 orang, 29 orang dinyatakan sembuh, dan 48 meninggal. Untuk mempercepat penanganan penyebaran Covid-19, pemerintah juga akan mendatangkan 1 juta alat rapid test yang akan dibagikan ke berbagai daerah. Alat ini diharapkan mampu mempercepat pendeteksian masyarakat yang sudah tertular Covid-19. (sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
DPR Resmi Terima Perppu Keuangan Negara untuk Penanganan Covid-19
02-04-2020 / PIMPINAN
DPR RI resmi menerima Surat Presiden (Surpres) untuk Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan...
DPR Ingatkan Pemerintah Tidak Berutang Kepada Pinjaman Luar Negeri
31-03-2020 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar mengaku khawatir terhadap ketersediaan anggaran negara untuk menanggulangi...
Akhiri Reses, DPR Fokus Penanganan dan Dampak Covid-19
30-03-2020 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani akan memimpin Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan III tahun Sidang 2019-2020, pada Senin...
DPR Akan Gelar Rapat Paripurna Pekan Depan
27-03-2020 / PIMPINAN
DPR RI memutuskan tidak memperpanjang Masa Reses Persidangan II dan akan menggelar Rapat Paripurna dimulainya Masa Persidangan III, pada Senin...