Renstra untuk Penguatan Kelembagaan DPR

13-06-2011 / B.U.R.T.

Ketua Tim sosialisasi Renstra DPR RI yang juga Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR, H. Refrizal mengatakan, Rencana Strategis (Renstra) dibuat untuk memperkuat kelembagaan DPR dalam mengemban amanat sebagai lembaga perwakilan. Hal itu dikatakan Refrizal saat membuka diskusi sosialisasi Renstra DPR yang berlangsung di gedung rektorat Universitas Syiah Kuala Banda Aceh (8/6). Pertemuan yang dihadiri rektor Unsyiah Prof. Dr. H. Darni M. Daud MA., didampingi Purek I Prof. Dr. Ir. Samsu Rizal, M. Eng. dan Purek III DR. T. Rusli Yusuf, M.Pd, serta sejumlah staf pengajar dan guru besar Unsyiah.

Dalam penjelasannya Refrizal mengatakan, pembentukan Renstra tidak terlepas dari implementasi UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) dan UU No. 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasioanal (RPJPN) 2005-2025. Dalam UU No. 25 Tahun 2004 disebutkan bahwa setiap kementerian atau lembaga wajib memiliki Renstra.

Refrizal mengungkapkan, pembahasan Renstra mulai diinisiasi oleh DPR periode 2004-2009, tetapi tidak selesai. Baru kemudian pada periode 2009-2014 Renstra dapat diselesaikan dan disahkan dalam rapat Paripurna DPR tanggal 29 juli 2010 (Keputusan DPR-RI No. 08/DPR-RI/2009-2010 tentang Penepatan Renstra DPR RI Tahun 2010-2014). “Untuk pertama kalinya sejak lembaga DPR-RI berdiri, baru kali ini memiliki Renstra yang jelas,” ungkapnya.

Renstra merupakan perencanaan jangka panjang menengah lembaga dalam menjalankan amanat tugas konstitusionalnya. Renstra ini menjadi arah dan pedoman bagi segenap unsur yang ada dalam lingkungan DPR-RI selama 5 tahun ke depan. Refrizal menambahkan, guna mendukung peningkatan kinerja DPR yang dilakukan melalui program dan kegiatan legislasi, anggaran, dan pengawasan, DPR juga berupaya membenahi sistem pendukung seperti tertuang dalam grand design kelembagaan DPR RI, pengembangan prasarana utama, pengembangan perpustakaan parlemen, penguatan sarana representasi, dan pengembangan e-parliament.

 

“Semua itu untuk mewujudkan DPR sebagai lembaga perwakilan yang kredibel dalam mengemban tanggung jawab mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur,” kata Refrizal.

 

Unsyiah “Jantung Hati” Rakyat Aceh

Sementara itu, Rektor Unsyiah, Prof Dr H Darni M Daud MA mengatakan keberadaan Unsyiah bukan hanya untuk kepentingan akademisi, tapi juga menjadi salah satu instrumen pembangunan nasional yang berada di Aceh. “Karena itu Unsyiah juga harus bermanfaat bagi masyarakat Aceh dan Indonesia”, katanya. Unsyiah merupakan “jantung hati” masyarakat Aceh ungkap rektor.

 
Prof. Darni juga mengharapkan agar pemerintah, khususnya kalangan DPR RI menaruh perhatian yang lebih terhadap Unsyiah. Gempa dan tsunami yang melanda Aceh tahun 2004, telah menyebabkan kerusakan fisik dan kehilangan sejumlah mahasiswa dan dosen Unsyiah, termasuk para guru besar. “Karena itu, untuk memperbaiki kerusakan dan membangun sumberdaya yang telah hilang itu butuh kerja ekstra dan dana yang tidak sedikit. Untuk itu perlu dukungan semua pihak termasuk DPR, agar keberadaan Unsyiah sebagai instrumen pembangunan nasional betul-betul berguna bagi masyarakat,” harap Rektor Unsyiah.

 

Anggota BURT DPR yang turut serta pada kunjungan ke Aceh kali ini di antaranya, H.Heriyanto, SE,MM (F-PD), Theresia E.E Pardede (F-PD), Dr. Surya Chandra Surapaty, M.Ph., Ph.D. (F-PDIP), Hj. Sadarestuwati, SP, M. MA (F-PDIP), Amran, SE (F-PAN), HM. Arwani Thomafi (F-PPP), dan Muhammad Toha, S.Sos, M.Si (F-PKB). (Rn.Tvp)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
BURT DPR Nilai Pembangunan RJA Kalibata Belum Maksimal
26-02-2020 / B.U.R.T.
Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah menyayangkan pembangunan Rumah Jabatan Anggota (RJA) Kalibata, Jakarta...
BURT DPR Temukan Kekurangan Pada Renovasi RJA Kalibata
25-02-2020 / B.U.R.T.
Usia pakai Rumah Jabatan Anggota (RJA) DPR RI Kalibata telah mencapai lebih dari 20 tahun, sehingga perlu dilakukan renovasi dalam...
Ketua BURT: Tidak Ada Kebakaran di DPR
24-02-2020 / B.U.R.T.
Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso menegaskan tidak ada kebakaran di gedung DPR RI. Asap...
BURT Dorong Gerakan Higienis di Kompleks Parlemen
12-02-2020 / B.U.R.T.
Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah mendorong gerakan higienis sebagai upaya pencegahan virus menular,...