20 PERSEN GAJI ANGGOTA DIPOTONG UNTUK SUMBAR PEDULI

01-10-2009 / LAIN-LAIN

Bencana alam gempa berkekuatan 7,6 skala richter telah menghantam Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat. Kepedihan, kesengsaraan dan keprihatinan sangat dirasakan sebagai saudara sebangsa. Bagi anggota DPR yang baru dilantik disarankan Mantan Ketua MPR RI Amin Rais untuk menyisihkan 20 persen gajinya guna memperoleh simpatik dari masyarakat.

”Cara  yang paling simpatik, alangkah baiknya,diantara semua fraksi bahwa Gaji mereka itu dipotong 20persen (Humus dalam bahasa Agama) guna meringankan beban bencana disana. Tidak skedar slogan-slogan, atau petatah-petitih,” ujarnya usai pelantikan anggota MPR/DPR/ DPD RI di Gd Nusantara, Kamis (1/10).

Ia menyarankan supaya Ketua Fraksi berkumpul, guna mewujudkan niatnya. Hal itu supaya beban penderitaan masyarakat Sumatera Barat sedikit berkurang dan DPR sekaligus dapat simpati masyarakat.

”Tapi kalau melepas gaji pertama saja berat, itu namanya kelewatan,” katanya.

Selama ini DPR memang sudah lama mendapat sorotan bahwa kurang peka dan lain-lain, bagi Amin yang pernah ikut tinggal 5 tahun di Senayan ini, mengusulkan semua fraksi tanpa terkecuali mewajibkan semua gaji anggota dipotong 20 persen.

”Kalau 20 persen dikali dengan 560 jumlah anggota, saya rasa cukup banyak,” katanya.

Dulu ketika dirinya menjabat Ketua MPR, setiap sidang tahunan selalu dinilai pemborosan, lalu ia tantang bagaimana jika setiap anggota MPR makan nasi bungkus ? Ternyata dinilai terlalu mengada-ada juga.

Padahal lanjutnya, kehidupan seorang pemimpin yang tidak terlalu jauh dengan kehidupan rakyat yang dipimpinnya justru akan semakin dipercaya. Sebaliknya jika kehidupan pemimpin terlalu surgawi sementara kehidupan ekonomi rakyat yang dipimpinnya hanya senin-kamis akan menimbulkan ketidakpuasan sosial.

”Yang lebih penting lagi adalah menghilangkan rasa ketidakpercayaan kepada pemimpin,” ujarnya.  

Senada, Anggota dari Fraksi Demokrat Sutan Bhatoegana sangat mendukung terhadap usulan yang diungkapkan Mantan Ketua MPR RI tersebut. ”Kemungkinan kami dari Fraksi Partai Demokrat, akan menghimpun dana guna memberikan santunan untuk korban gempa yang terjadi di Padang,” ujarnya.

            Secara pribadi Sutan mendukung usulan Mantan Ketua MPR, Amin Rais (pemotongan 20persen gaji pertama DPR periode 2009-2014), namun ia belum mengetahui keinginan Anggota yang lain.

”Karenanya masalah ini akan dibicarakan terlebih dahulu,” katanya usai pelantikan Anggota DPR dan DPD terpilih periode 2009-2014. (da/sw)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
F-PD DPR Kawal Penanganan Covid-19
13-07-2020 / LAIN-LAIN
Ketua Fraksi Partai Demokrat (F-PD) DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono menegaskan bahwa F-PD DPR RI akan terus mengawal kebijakan penanganan...
Waspadai Konflik di LCS, Pemerintah Diminta Tingkatkan Kekuatan Diplomasi
10-07-2020 / LAIN-LAIN
Pemerintah dinilai perlu mewaspadai ketegangan di wilayah perairan Laut China Selatan (LCS) yang meningkat akhir-akhir ini. Tidak menutup kemungkinan, terjadinya...
Terjadi Problem Mendasar Jika Persentase ‘Parliamentary Threshold’ Dinaikkan
07-07-2020 / LAIN-LAIN
Wakil Ketua Komisi II DPR RI Arwani Thomafi menyampaikan bahwa keberadaan Undang-Undang Pemilu memang harus selalu di-update ataupun direvisi pada...
‘Parliamentary Threshold’ Diharapkan Tetap 4 Persen
07-07-2020 / LAIN-LAIN
Regulasi Pemilu sedang dibahas Komisi II DPR RI. Ada banyak klaster masalah yang mengemuka, salah satunya adalah parliamentary threshold (ambang...