ACARA PENGUCAPAN SUMPAH -JANJI ANGGOTA DPR DAN DPD BERLANGSUNG KHIDMAT

01-10-2009 / LAIN-LAIN

 

Acara pengucapan sumpah dan janji anggota DPR dan DPD periode 2009-2014 berlangsung khidmat. Acara yang digelar di ruang Nusantara Gedung MPR/DPR Senayan, Jakarta Kamis (1/10) dimulai pukul 10.00 diikuti 560 anggota DPR dan 132 anggota DPD, dihadiri Wakil Presiden HM Yusuf Kalla, para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu, perwakilan Negara sahabat dan undangan termasuk keluarga para anggota DPR dan DPD. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berhalangan hadir karena masih dalam rangkaian acara di Amerika Serikat pasca mengikuti pertemuan negara-negara yang tergabung dalam G-20.

Rangkaian acara peresmian keanggotaan DPR dan DPD periode 2000-2014 diawali dengan pembacaan SK KPU oleh Sekjen Suripto Bambang Setyadi mengenai anggota yang akan menjadi Pimpinan sementara Sidang Pengucapan Sumpah/Janji anggota DPR periode 2009-2014. Dua orang Pimpinan Sementara  sesuai ketentuan UU MPR, DPR, DPD dan DPRD yaitu dua orang dari partai pemenang pertama dan kedua pemilu legislative yaitu Marzukie Alie (Partai Demokrat) sebagai Ketua dan Priyo Budi Santoso sebagai Wakil Ketua Sementara.

Kemudian Pimpinan DPR Sementara mulai melaksanakan tugas dengan bersama-sama menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, disusul dengan mengheningkan cipta dipandu Ketua DPR Sementara. Acara diteruskan dengan pembacaan SK Presiden mengenai nama-nama anggota DPR secara simbolis hasil pemilu legislative 2009. Selanjutnya memasuki acara pokok berupa pengucapan sumpah-janji anggota DPR yang dipandu oleh Ketua MA Harifin Tumpa. Pada kesempatan ini masing-masing perwakilan partai secara simbolis menandatangani berita acara peresmian keanggoataan DPR periode 2009-2014 serta semua anggota Dewan di meja masing-masing..

Sebagai kenang-kenangan dan bekal untuk melaksanakan tugas ke dewanan, Pimpinan DPR periode 2004-2009 yakni Ketua DPR Agung Laksono dan Muhaimin Iskandar menyerahkan memori DPR periode 2004-2009 kepada Pimpinan Sementara DPR.

Pada sesi berikutnya, dilanjutkan dengan rangkaian acara Pengucapan Sumpah dan Janji anggota DPD periode 2009-2014. Berbeda dengan DPR Pimpinan sementara adalah dari partai pemenang pertama dan kedua pileg, Pimpinan Sementara DPD adalah anggota tertua dan anggota termuda yakni Mudaffarsyah (74 th) dari Maluku Utara dan Perca Leanpuri dari Sumatera Selatan (23 tahun).

Pimpinan Sementara DPD ini kemudian menjalankan tugas memimpin sidang, mempesilahkan Sekjen DPD Siti Nurbaya membacakan SK Presiden mengenai nama-nama anggota DPD hasil pemilu legislative 2009. Acara selanjutnya pengucapan sumpah dan janji yang dipandu Ketua MA Harifin Tumpa dilanjutkan penandatanganan berita acara pengucapan sumpah dan janji.

Sama dengan DPR, DPD periode 2004-2009 juga menyerahkan memori pelaksanaan tugas DPD sebagai kenang-kenangan dan bekal DPD periode 2009-2014 untuk berkiprah melaksanakan tugas kenegaraannya. Rangkaian acara pengucapan sumpah dan janji anggota DPR dan DPP masa bakti 2009-2014 diakhiri pembacaaan doa oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. KH Ali Mustafa Yaqub. (mp)

 

 

 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Saleh Partaonan Daulay Soroti Lambannya Serapan Anggaran Kemenkes
02-07-2020 / LAIN-LAIN
Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay mengapresiasi peringatan terkait lambannya penyerapan anggaran di bidang kesehatan yang disampaikan Presiden...
Jazuli Juwaini Harap Kemarahan Presiden Ada Tindak Lanjutnya
02-07-2020 / LAIN-LAIN
Anggota Komisi I DPR RI sekaligus Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini berharap ada tindak lanjut atas kekesalan atau kemarahan Presiden...
Reshuffle Kabinet Hak Prerogatif Presiden
02-07-2020 / LAIN-LAIN
Beredar luasnya video tentang kemarahan Presiden Joko Widodo kepada menteri-menteri di dalam kabinetnya mengundang berbagai pertanyaan dan prediksi di kalangan...
Pilkada saat Pandemi, Protokol Kesehatan Harus Detail
30-06-2020 / LAIN-LAIN
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena percaya bahwa banyak diskusi-diskusi terkait pandemi Covid-19, berada pada perspektif...