DPR DIHARAPKAN LEBIH MENDAPAT KEPERCAYAAN RAKYAT

01-10-2009 / LAIN-LAIN

 

Ketua DPR Terpilih Periode 2009-2014 Marzuki Alie (F-PD) dalam pidato sambutannya usai dilantik bersama empat Wakil Ketua DPR yaitu Pramono Anung (F-PDIP), Marwoto Mitrohardjono (F-PAN), Anis Matta (F-PKS) dan Priyo Budi Santoso (F-PG) menilai Pimpinan DPR merupakan posisi strategis. Hal itu diungkapnya di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara DPR, Kamis (1/10).

“Memimpin lembaga perwakilan rakyat merupakan posisi strategis,” katanya.

Kepemimpinan DPR Periode 2009-2014 mulai aktif sejak tanggal 1 Oktober 2009 hingga 30 September 2014. Menurut Marzuki tugas kepemimpinan di DPR merupakan amanat mulai yang harus dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Diera kepemimpinannya, Marzuki berharap DPR sebagai sebuah lembaga dapat memperoleh kepercayaan rakyat. “Menjadikan DPR sebagai lembaga yang senantiasa mendapat kepercayaan rakyat,” katanya.

Sebagai Ketua DPR yang baru saja dilantik, Marzuki Alie mengingatkan agar proses pemilihan Pimpinan DPR yang dilakukan secara konstitusional dan demokratis harus senantiasa dihormati. “Saya menyadari bahwa kepemimpinan DPR pada hakikatnya adalah kepemimpinan yang bersifat kolegial,” ujarnya.

Marzuki meminta dengan semangat kebersamaan, integritas dan kesungguhan dari seluruh Anggota DPR dalam menjalankan tugas dan fungsi akan memberi citra positif pada DPR secara kelembagaan.

Lebih jauh, Marzuki menilai keberadaan seluruh Anggota DPR benar-benar dilandasi idealisme untuk memperjuangkan kepentingan rakyat. Ia berharap masyarakat tidak terjebak pada penilaian yang bersifat apriori.

“Kami akan berusaha menjalankan tugas dengan baikdan berharap masyarakat dapat menilai secara obyektif,” katanya. (bs)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Saleh Partaonan Daulay Soroti Lambannya Serapan Anggaran Kemenkes
02-07-2020 / LAIN-LAIN
Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay mengapresiasi peringatan terkait lambannya penyerapan anggaran di bidang kesehatan yang disampaikan Presiden...
Jazuli Juwaini Harap Kemarahan Presiden Ada Tindak Lanjutnya
02-07-2020 / LAIN-LAIN
Anggota Komisi I DPR RI sekaligus Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini berharap ada tindak lanjut atas kekesalan atau kemarahan Presiden...
Reshuffle Kabinet Hak Prerogatif Presiden
02-07-2020 / LAIN-LAIN
Beredar luasnya video tentang kemarahan Presiden Joko Widodo kepada menteri-menteri di dalam kabinetnya mengundang berbagai pertanyaan dan prediksi di kalangan...
Pilkada saat Pandemi, Protokol Kesehatan Harus Detail
30-06-2020 / LAIN-LAIN
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena percaya bahwa banyak diskusi-diskusi terkait pandemi Covid-19, berada pada perspektif...