DPR DIHARAPKAN LEBIH MENDAPAT KEPERCAYAAN RAKYAT

01-10-2009 / LAIN-LAIN

 

Ketua DPR Terpilih Periode 2009-2014 Marzuki Alie (F-PD) dalam pidato sambutannya usai dilantik bersama empat Wakil Ketua DPR yaitu Pramono Anung (F-PDIP), Marwoto Mitrohardjono (F-PAN), Anis Matta (F-PKS) dan Priyo Budi Santoso (F-PG) menilai Pimpinan DPR merupakan posisi strategis. Hal itu diungkapnya di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara DPR, Kamis (1/10).

“Memimpin lembaga perwakilan rakyat merupakan posisi strategis,” katanya.

Kepemimpinan DPR Periode 2009-2014 mulai aktif sejak tanggal 1 Oktober 2009 hingga 30 September 2014. Menurut Marzuki tugas kepemimpinan di DPR merupakan amanat mulai yang harus dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Diera kepemimpinannya, Marzuki berharap DPR sebagai sebuah lembaga dapat memperoleh kepercayaan rakyat. “Menjadikan DPR sebagai lembaga yang senantiasa mendapat kepercayaan rakyat,” katanya.

Sebagai Ketua DPR yang baru saja dilantik, Marzuki Alie mengingatkan agar proses pemilihan Pimpinan DPR yang dilakukan secara konstitusional dan demokratis harus senantiasa dihormati. “Saya menyadari bahwa kepemimpinan DPR pada hakikatnya adalah kepemimpinan yang bersifat kolegial,” ujarnya.

Marzuki meminta dengan semangat kebersamaan, integritas dan kesungguhan dari seluruh Anggota DPR dalam menjalankan tugas dan fungsi akan memberi citra positif pada DPR secara kelembagaan.

Lebih jauh, Marzuki menilai keberadaan seluruh Anggota DPR benar-benar dilandasi idealisme untuk memperjuangkan kepentingan rakyat. Ia berharap masyarakat tidak terjebak pada penilaian yang bersifat apriori.

“Kami akan berusaha menjalankan tugas dengan baikdan berharap masyarakat dapat menilai secara obyektif,” katanya. (bs)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
F-PAN Dukung Kebijakan Keuangan Hadapi Covid-19
31-03-2020 / LAIN-LAIN
Fraksi PAN DPR RI mendukung diterbitkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Kebijakan Keuangan Negara untuk mengantisipasi peningkatan defisit anggaran...
Anggota DPR Minta Pemerintah Mudahkan Impor Peralatan Medis
23-03-2020 / LAIN-LAIN
Anggota DPR RI Adian Napitupulu mengatakan epidemik Corona diperkirakan akan memuncak di kisaran bulan Mei dan Juni. Menurutnya, pemerintah harus...
Anggota DPR Berikan Bantuan APD ke Petugas Medis RS Rujukan Corona
23-03-2020 / LAIN-LAIN
Anggota DPR RI Rofik Hananto memberikan bantuan Alat Perlindungan Diri (APD) berupa Masker dan Hand Sanitizer kepada tenaga medis di...
Legislator Apresiasi Redesain Perpustakaan DPR
10-03-2020 / LAIN-LAIN
Anggota DPR RI Tuti Nusandari Roosdiono mengapresiasi redesain yang dilakukan Perpustakaan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI. Perubahan tersebut...