UNESCO TETAPKAN BATIK SEBAGAI WARISAN BUDAYA INDONESIA

02-10-2009 / LAIN-LAIN

Anggota DPR dari F- Partai Demokrat Jero Wacik mengatakan bahwa dirinya merasa senang bahwa hari ini Jum,at (2/10/2009) United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation (UNESCO) yang terdiri dari 114 negara mengakui dan menetapkan batik sebagai warisan budaya milik Indonesia.

Demikian diungkapkan Jero Wacik usai mengikuti pelantinkan anggota MPR di Gedung, Jakarta, Jum,at (2/10) Hari yang dinanti-nantikan oleh seluruh penduduk ini pun dijadikan sebagai hari batik.

Berita gembira tersebut, menurut Jero Wacik, akan segera diumumkan secara resmi oleh Presiden atau melalui Menteri Kebudayaan dan Pariwisata ad-interm Muhammad Nuh.

Pengakuan dari Unesco, kata Jero Wacik, tidak sembarang, karena mereka juga mempertimbangkan bukti-bukti, seperti adanya masyarakat batik Indonesia, sejarah batik. “Dari situ dapat terlihat sejarah perkembangan batik di Indonesia,”tandasnya.

Ketika ditanya wartawan mengenai pernyataan dari Wakil Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Muhyiddin yang mengatakan bahwa pihaknya akan mempelajari keputusan Unesco tersebut, menurut Jero Wacik dirinya mempersilahkan Malaysia melakukan hal tersebut, “Kalau mau protes, silahkan protes ke Unesco,” tegasnya.

Proses pengukuhan batik Indonesia cukup panjang. Berawal pada 3 September 2008 yang kemudian diterima secara resmi oleh UNESCO pada tanggal 9 Januari 2009. Tahap selanjutnya adalah pengujian tertutup oleh UNESCO di Paris pada tanggal 11 hingga 14 Mei 2009.

Kesuksesan batik diterima oleh UNESCO sebenarnya rangkaian dari kesuksesan sebelumnya, yakni tahun 2005 Keris sudah diakui. Kemudian, lanjut dia, wayang kulit juga diakui tahun 2003, dan ini pertanda UNESCO memang mengakui hal-hal itu benar warisan budaya milik kita.(nt)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Saleh Partaonan Daulay Soroti Lambannya Serapan Anggaran Kemenkes
02-07-2020 / LAIN-LAIN
Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay mengapresiasi peringatan terkait lambannya penyerapan anggaran di bidang kesehatan yang disampaikan Presiden...
Jazuli Juwaini Harap Kemarahan Presiden Ada Tindak Lanjutnya
02-07-2020 / LAIN-LAIN
Anggota Komisi I DPR RI sekaligus Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini berharap ada tindak lanjut atas kekesalan atau kemarahan Presiden...
Reshuffle Kabinet Hak Prerogatif Presiden
02-07-2020 / LAIN-LAIN
Beredar luasnya video tentang kemarahan Presiden Joko Widodo kepada menteri-menteri di dalam kabinetnya mengundang berbagai pertanyaan dan prediksi di kalangan...
Pilkada saat Pandemi, Protokol Kesehatan Harus Detail
30-06-2020 / LAIN-LAIN
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena percaya bahwa banyak diskusi-diskusi terkait pandemi Covid-19, berada pada perspektif...