TAUFIQ KIEMAS KETUA MPR 2009-2014

03-10-2009 / LAIN-LAIN

 

            Rapat Paripurna MPR RI menetapkan Taufiq Kiemas sebagai Ketua MPR Periode 2009-2014. Kepemimpinan Taufiq didampingi empat Wakil Ketua yaitu Hajriyanti Yohari (F-PG), Lukman Hakim Saefuddin (F-PPP), Melani Leimina (F-PD) dan Ahmad Farhan Hamid dari unsure DPD.

            Dalam pengambilan sumpah yang dipimpin Ketua Mahkamah Agung Harifin Tumpa, turut hadir Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sebelumnya, pada pelantikan Anggota DPR tanggal 1 Oktober Presiden tidak dapat hadir, hanya Wakil Presiden Jusuf Kalla yang hadir.

            Rapat Paripurna MPR yang dipimpin Pimpinan Sementara MPR Marzuki Alie dihadiri 549 Anggota dari 692 orang Anggota MPR. Pemilihan dan pelantikan Pimpinan MPR mundur dua jam dari waktu yang ditentukan. Pemunduran waktu dikarenakan menunggu kuorum dari DPD.

            Peserta Rapat Paripurna MPR dari F-PD 142 orang, F-PG 94 orang, F-PDIP 94 orang, F-PKS 53 orang, F-PAN 41 orang, F-PPP 34 orang, F-PKB 23 orang, F Partai Gerindra 26 orang dan Fraksi Partai Hanura 17 orang dan unsure dari DPD hanya dihadiri 25 orang dari 132 orang.

            F-PAN, F-Partai Gerindra, F-PPP, F-PG, F-PD, F-PDIP dan F-Partai Hanura mengajukan calon Pimpinan MPR dengan paket yang sama yaitu Ketua MPR dijabat Taufiq Kiemas, Wakil Ketua MPR terdiri dari Melani Leimina, Hajriyanto Tohari, Lukman Hakim Saefuddin dan Ahmad Farhan Hamid.

            Sementara kelompok DPD selain tidak menyerahkan usulan Pimpinan MPR juga tak menyampaikan pendapat secara langsung di Rapat Paripurna hingga usai. Bahkan Wakil Ketua sementara MPR dai DPD Irman Gusman juga tidak hadir. (bs)

 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
F-PAN Dukung Kebijakan Keuangan Hadapi Covid-19
31-03-2020 / LAIN-LAIN
Fraksi PAN DPR RI mendukung diterbitkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Kebijakan Keuangan Negara untuk mengantisipasi peningkatan defisit anggaran...
Anggota DPR Minta Pemerintah Mudahkan Impor Peralatan Medis
23-03-2020 / LAIN-LAIN
Anggota DPR RI Adian Napitupulu mengatakan epidemik Corona diperkirakan akan memuncak di kisaran bulan Mei dan Juni. Menurutnya, pemerintah harus...
Anggota DPR Berikan Bantuan APD ke Petugas Medis RS Rujukan Corona
23-03-2020 / LAIN-LAIN
Anggota DPR RI Rofik Hananto memberikan bantuan Alat Perlindungan Diri (APD) berupa Masker dan Hand Sanitizer kepada tenaga medis di...
Legislator Apresiasi Redesain Perpustakaan DPR
10-03-2020 / LAIN-LAIN
Anggota DPR RI Tuti Nusandari Roosdiono mengapresiasi redesain yang dilakukan Perpustakaan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI. Perubahan tersebut...