PIDATO SBY MENGANDUNG VISI YANG LUAS

20-10-2009 / LAIN-LAIN

Mengomentari pidato awal yang disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono seusai pelantikan, anggota dari Fraksi Partai Demokrat Subagyo Partodiharjo mengatakan, pidato yang disampakan Presiden menunjukkan visi yang luas untuk memimpin bangsa Indonesia lima tahun ke depan.

Demikian disampaikannya setelah usai pelantikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono, Selasa (20/10) di gedung Nusantara MPR/DPR RI.

 Subagyo mengatakan, pidato pertama yang disampaikan Presiden sangat luar biasa, terbukti dari applaus seluruh anggota MPR/DPR RI yang hadir memberikan tanggapan yang positif seputar pidato itu.

Hal itu menunjukkan kapasitas SBY bukan hanya sebagai pimpinan partai, tapi juga sebagai negarawan yang mempunyai visi internasional. Menurut Subagyo, isi pidato Presiden menyeluruh, luas dan dalam.

Termasuk ucapan penghargaan Presiden kepada mantan-mantan Presiden , mantan-mantan Wakil Presiden, juga penghargaan terhadap kompetiter dalam pemilihan presiden, serta ajakan kepada seluruh potensi bangsa untuk bersama-sama membangun. Tidak ketinggalan ajakan itu juga disampaikan Presiden kepada bangsa-bangsa lain di dunia.

            Menurut Subagyo, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono termasuk pemimpin bangsa yang cermat mengamati prioritas pembangunan lima tahun mendatang sebagai kelanjutan dari pembangunan lima tahun yang lalu.

Hal ini dibuktikan dengan menekankan prioritas pada kesejahteraan rakyat, dan ajakan kepada seluruh komponen bangsa untuk bersatu. Karena kita telah membuktikan selama lima tahun yang lalu berhasil menghadapi bermacam-macam krisis global. Sementara bangsa-bangsa lain di dunia sedang menghadapi krisis ekonomi.

Dalam situasi ini, Indonesia masih dapat bertahan dengan baik  dan diprediksi lima tahun mendatang akan bisa menjadi negara nomor tiga yang tangguh di dunia dalam percepatan untuk mencapai kemajuan. Untuk itu, pemerintah harus bekerja keras pada sektor masing-masing agar peluang yang kita miliki dapat diwujudkan.

            Subagyo menuturkan, dia sangat mengapresiasi dengan gaya kepemimpinan SBY. Menurutnya, Indonesia akan lebih berkembang kalau cara kita beroposisi tidak sepenuhnya meniru cara-cara negara-negara lain.

Oposisi yang dibangun tetap membangun kerjasama yang baik antar komponen bangsa dan oposisi yang dilakukan tetap dalam hal balances dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tetapi tidak selalu harus dengan cara-cara seperti oposisi yang dilakukan oleh negara barat.

            Menurut Subagyo, bangsa Indonesia lebih senang dengan pemimpin yang tidak secara antagonis bertentangan di depan rakyat, tetapi saling mengoreksi dengan cara yang baik tetapi efektif.

            Menanggapi susunan nama-nama calon menteri yang akan mengisi dalam Kabinet Indonesia Bersatu jilid II, dalam hal ini Subagyo mengatakan, SBY yang lebih tahu persis kebutuhan akan menteri-menteri yang akan membantunya sebagai mandataris untuk lima tahun ke depan.

Namun dia mengakui, nama-nama yang dipanggil tersebut baik dan berkompeten untuk mengisi masing-masing kursi di kabinet. “Saya kira bagus, beliau punya pengalaman lima tahun yang lalu, dan untuk lima tahun ke depan beliau akan lebih baik lagi dengan pilihan yang lebih tepat,” kata anggota dari daerah pemilihan Jatim IV ini.

            Subagyo menambahkan, SBY melihat calon-calon tersebut adalah orang-orang yang paling cocok masuk dalam sebuah timnya. (Tuti)   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Herman Khaeron Bagikan Paket Sembako untuk Masyarakat Terdampak Covid-19
23-05-2020 / LAIN-LAIN
Situasi mewabahnya Covid-19 belum mereda bahkan masih terus meningkat. Guna meringankan beban masyarakat, Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron...
Ace Hasan Bantu Mahasiswa Terdampak Covid-19
22-05-2020 / LAIN-LAIN
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily turut prihatin terhadap dampak virus Corona (Covid-19) terhadap dunia pendidikan, termasuk...
Hadiri Rapat Panja Omnibus Law Cipta Kerja, Fraksi PKS Nyatakan Oposisi
21-05-2020 / LAIN-LAIN
Anggota DPR RI dari Fraksi PKS DPR RI Anis Byarwati bersama perwakilan seluruh fraksi di DPR RI hadir secara virtual...
Timwas DPR Awasi Penggunaan Anggaran Penanganan Covid-19
20-05-2020 / LAIN-LAIN
Anggota Tim Pengawas (Timwas) Pelaksanaan Penanganan Bencana Pandemi Covid-19 DPR RI Hamka Baco Kady memastikan Timwas Covid-19 DPR RI di...