Anggota DPR RI

PROFIL ANGGOTA
PRANANDA SURYA PALOH
No.Anggota
3
Fraksi
Fraksi Partai NasDem
Daerah Pemilihan
SUMATERA UTARA I
MEDIA SOSIAL
KALENDER
  • Agenda Acara

Laporan Tahunan Prananda Surya Paloh 2014

30 Maret 2015 / Laporan Pertanggung-jawaban Politik

Salam Restorasi – salam perubahan Indonesia !

 

Laporan Tahunan 2014  tentang kegiatan saya, Prananda Surya Paloh anggota no 3 DPR RI adalah sebuah bentuk pertanggungjawaban dan transparansi tentang apa yang saya kerjakan sebagai tugas konstitusional saya. Ini bukan hal yang baru, namun juga bisa dikatakan ini hal yang sangat jarang dilakukan oleh para legislator di Indonesia. 

 

Sementara saya setidaknya memandang bahwa kita sebagai legislator mempunyai pertanggung jawaban terhadap public dan untuk itu publik harus dapat mengakses informasi mengenai aktifitas kita terkait dengan tugas legislator. Untuk itu saya memutuskan untuk melakukan pembuatan Laporan Tahunan 2014 sebagai tradisi transparansi dan demokrasi di Indonesia. Ini akan disampaikan kepada Partai, DPR, MPR, Kepala Negara dan juga kepada Publik dalam bentuk PDF

 

Pada bidang Politik, harus diakui belum banyak yang bisa dikerjakan menunggu konflik politik mereda di DPR. Ini cukup lama dan praktis melumpuhkan fungsi legislasi formal DPR. Ini  terbilang baru dalam sejarah perpolitikan di Indonesia, dimana DPR terpecah menjadi dua kubu besar dan satu partai penyeimbang. Namun sekarang Alhamdulillah semenjak pertengahan November 2014 sudah mulai mencair dan sekarang dibuka permulaan baru yang menjanjikan.

 

Pada bidang Koalisi, saya ingin menggaris bawahi bahwa koalisi yang dibangun sangat solid dan Alhamdulillah mendapat legitimasi kuat dari publik. Meskipun demikian, adalah bijaksana jika kehidupan berparlemen tidak disertai dengan dikotomi kekuasaan yang sempit dan hegemoni yang tak bermanfaat untuk kehidupan masyarakat. Partai-partai seharusnya menjadi mitra sanding ketimbang lawan tanding. Pertandingan kita sudah usai dan seharusnya partai-partai darimanapun juga mampu mengawal kontrak sosial utama dari Kepala Negara kepada rakyat dan tugas konstitusional kita untuk mengawasinya bersama.

 

Pada bidang Pembangunan, saya ingin melakukan perkuatan pada bidang pertahanan dan hubungan luar negeriyang semoga berpengaruh positif pada pertumbuhan ekonomi. Internasional tidak saya pandang sebagai ancaman, sebaliknya mereka adalah kesempatan. Dimana jika kita mampu melolanya dengan baik, maka Insya Allah kita bisa melakukan kerjasama positif bagi semua pihak. Untuk itu peran legislatif sangat penting dan ini yang menjadi tugas saya bersama rekan-rekan politisi di Komisi I serta kementrian terkait.

 

Terakhir saya ingin menekankan pada Sistem. Legislator bagi saya bukanlah semata perorangan, namun sebuah kinerja dari sebuah sistem. Untuk itu saya membutuhkan sebuah tim kerja yang memiliki metode kerja terbaik dan profesional. Sekarang jumlah team yang mendukung saya adalah 6 orang dimana sebagian masih saya gaji dari uang saya pribadi. Ini saya lakukan untuk mendapatkan hasil yang optimum dari masa jabatan saya, dengan menerapkan manajemen yang punya kapasitas dalam mendukung semua visi, kebijakan dan strategi saya dalam menjalankan tugas keparlemenan saya.

 

Demikian dari saya, selamat membaca Laporan Tahunan ini. Terimakasih.

 

Salam Hangat.

Prananda Surya Paloh

 

UNDUH –> Laporan Tahunan Prananda Surya Paloh Tahun 2014