Anggota DPR RI

PROFIL ANGGOTA
DR. SAIFUL BAHRI RURAY, SH, MSi
No.Anggota
321
Fraksi
Fraksi Partai Golongan Karya
Daerah Pemilihan
MALUKU UTARA
MEDIA SOSIAL
KALENDER
  • Agenda Acara

Kegiatan Pelangi Budaya

17 Desember 2014 / Reses Masa Sidang 1 Tahun 2014

Membangun dengan budaya

Tidore_Pemerintah kota Tidore Kepulauan, lewat dinas pariwasita meyelengarakan pelagi budaya, yang diisi dengan kegiatan Tobo Syafar pada hari rabu tanggal 17 Desember 2014. Kegiatan ini menjadi agenda tahunan dinas pariwisata Kota Tidore kepulauan dalam rangka untuk melestarikan nilai nilai budaya yang ditanamkan oleh para leluhur sebagai upaya menjaga eksistesi nilai adat se atoran.

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh DR. Saiful Bahri Ruray SH, MSi selaku anggota DPR RI dan Basri Salama anggota DPD RI, mendapat sambutan baik dari masyarakat Kota Tidore. Walikota Drs. H. Achmad Mahifa dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan Dinas Pariwisata sesuai dengan visi dan misi pemerintah daerah dengan menghidupkan budaya, adat istiadat yang masih terjaga di Kota Tidore Kepulauan. Apalagi saat ini Kota Tidore Kepulauan telah terdaftar sebagai anggota Kota Pusaka Indonesia. Sebagai kota pusaka, lajutnya selain menghidupkan budaya yang ada, kita juga harus melestarikan nilai-nilai adat dan warisan- warisan budaya yang tersimpan selama ini baik di situs-situs budaya, keraton maupun tempat-tempat lainnya.

Sementara itu menurut Sultan Tidore Jou Husain Syah mengatakan bahwa tugas kita harus menjaga nilai nilai budaya, eksistensi tidore harus dipertahankan, ditengah tantangan luar yang kian besar. Tidore melmiliki peran yang sangat besar terhadap pembentukan NKRI. Hal senada juga di uangkapkan oleh DR. Saiful bahri Ruray, dalam orasi kebudayaannya, beliau menjelaskan bahwa budaya Tobo Safar yang dilakukan di Tidore sesungguhnya memiliki banyak kesamaan dengan daerah kesultanan lain di Tanah air seperti Cirebon dan istana Pagaruyung, yang intinya adalah meminta pertolongan kepada yang maha kuasa agar seluruh penduduk negeri dijauhkan dari segala macam fitnah dan bahaya. Sambungnya lagi, kerajaan Tidore memiliki pengaruh yang sangat besar dan luas  sampai di Afrika Selatan, oleh karna itu orang Tidore harus berbangga memiliki budaya yang dikenal hingga luar negeri. Kebangaan dan rasa syukur itu dibuktikan dengan dengan menjaga dan melestarikan nilai nilai leluhur masyarakat Tidore, dan menjadi sumber nilai sosial dalam kehidupan sehari hari. 

Kegiatan yang di gagas oleh masyarakat kelurahan Mafututu, kecamatan Tidore Timur selain memiliki nilai etis juga memiliki nilai estetik yang layak menjadi tontonan, dari berbagai penjuru masyarakat berbondong bondong untuk hadir menyaksikan prosesi tobo syafar, serta hiburan tarian yang diisi oleh ngofa se dano Tidore. Besar harapan kegiatan ini bisa menjadi spirit nilai masyarakat Kota Tidore, dalam menjaga adat se atorang demi mewujudkan visi Tidore sebagai Kota Budaya, ujar Arman selaku ketua panitia kegiatan.#kabarSBR

TOTAL KOMENTAR (0)