Anggota DPR RI

PROFIL ANGGOTA
KRMT ROY SURYO NOTODIPROJO
No.Anggota
427
Fraksi
Fraksi Partai Demokrat
Daerah Pemilihan
D.I. YOGYAKARTA
MEDIA SOSIAL
KALENDER
  • Agenda Acara

Sosialisasi 4 Pilar di UPN

21 Nopember 2017 / Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

SLEMAN, KRJOGJA.com - Kedudukan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara seharusnya sudah menjawab semua tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini. Kendati demikian, perbedaan pandangan justru menjadikan bangsa ini tak bisa maju dan berkembang.

"Indonesia ini terlalu besar, cantik dan indah untuk dijadikan pro dan kontra. Tetapi, kenapa kita masih memperdebatkan dengan adanya perbedaan itu. Seharusnya, dengan adanya Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika sudah tidak perlu dipertentangkan lagi," papar Anggota MPR RI KRMT Roy Suryo Notodiprojo pada Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Ruang Seminar Fakultas Teknologi Mineral UPN ‘Veteran’ Yogyakarta, Rabu (07/06/2017).

Untuk itulah melalui sosialisasi ini, dia mengajak semua komponen masyarakat dengan berbagai perbedaan untuk bersama-sama menyatukan pemahaman demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini menjadi penting karena untuk menghadapi tantangan yang tengah dihadapi bangsa Indonesia saat ini. Seperti arus globalisasi dan kapitalisme bahkan dunia maya juga media sosial.

Bagi dia, jika masyarakat masih mempertentangkan dasar, pilar dan atap maka semua persoalan di negara ini tidak akan selesai. "Jika dibandingkan dengan negara tetangga, Indonesia masih tertinggal. Contohnya dari sisi internal saja, masyarakat masih lemah dalam menghayati dan mengamalkan Pancasila. Ini dapat dilihat dengan munculnya pemahaman terhadap ajaran agama yang keliru dan sempit," imbuhnya.

Disitu, Roy Suryo juga menjelaskan bahwa empat pilar tersebut terdiri dari Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR. Sedangkan NKRI sebagai bentuk negara dan pilar terakhir yakni Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. (Adk)

TOTAL KOMENTAR (0)