Anggota DPR RI

PROFIL ANGGOTA
H. AGUS SULISTIYONO, S.E, MT
No.Anggota
61
Fraksi
Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa
Daerah Pemilihan
D.I. YOGYAKARTA
MEDIA SOSIAL
KALENDER
  • Agenda Acara

Bandara NYIA Diusulkan Jadi Sultan Agung

05 Januari 2018 / Dapil

YOGYA, KRJOGJA.com - Pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Temon Kulonprogo baru dimulai meski pemerintah pusat menarget selesai 2019 mendatang sesuai target Presiden Joko Widodo dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015 - 2019. Meski ada sedikit warga menolak, namun dukungan percepatan pembangunan muncul dari berbagai pihak salah satunya anggota DPR RI Daerah Pilih DIY, Agus Sulistiyono.

 

Agus Sulis, begitu sapaan akrabnya, menilai pembangunan bandara baru di Temon Kulonprogo sudah seharusnya dilakukan untuk mempertegas DIY sebagai salah satu andalan tujuan pariwisata Indonesia. “Saya mendukung sepenuhnya, sebab bandara baru di wilayah Kulonprogo selain membangun konektivitas di wilayah Yogyakarta juga dalam rangka mendukung DIY sebagai salah satu destinasi wisata nasional dan internasional,” ungkapnya pada wartawan Jumat (05/01/2018).

 

Kepada wartawan, Agus Sulis juga mengungkapnya munculnya ide penamaan NYIA menjadi Bandara Internasional Sultan Agung tersebut diklaimnya muncul dari mulut anak-anak muda Kulonprogo. Sosok Sultan Agung yang dinobatkan sebagai pahlawan nasional sekaligus Raja Pertama Kraton Yogyakarta sangat berjasa bagi cikal bakal Indonesia sehingga pas disematkan menjadi nama bandara baru di Temon.

 

“Apalagi saat groundbreaking Januari 2017 lalu, Presiden Jokowi sempat menyampaikan serat lama dari leluhur yang menyatakan di Temon bakal ada orang berjualan camcau di awang-awang juga ‘susuh kinjeng wesi’. Hal ini sangat tepat ketika dipadukan dengan jasa Sultan Agung, raja Kraton yang sangat luar biasa berjasa bagi kemerdekaan Indonesia,” ungkap politisi PKB ini.

 

Di sisi lain menurut Agus, pemberian nama Sultan Agung sekaligus menjadi edukasi bagi generasi mendatang bahwa Indonesia memiliki pahlawan luar biasa yang berjuang demi kemerdekaan rakyatnya.

 

“Harapannya usulan nama ini bisa dipertimbangkan oleh Presiden Joko Widodo dan nantinya digunakan. Semoga bandara bisa segera selesai dan membawa manfaat untuk masyarakat luas,” pungkas Agus Sulis. (Fxh)

 

Sumber: krjogja.com

TOTAL KOMENTAR (0)