Anggota DPR RI

PROFIL ANGGOTA
H. AGUS SULISTIYONO, S.E, MT
No.Anggota
61
Fraksi
Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa
Daerah Pemilihan
D.I. YOGYAKARTA
MEDIA SOSIAL
KALENDER
  • Agenda Acara

Direjen Minerba Kementrian ESDM Disentil Habis Oleh Anggota DPR RI Komisi VII Agus Sulistiyono

29 Juni 2018 / Kunjungan Kerja

YOGYAKARTA, CAKRAWALA.CO – Anggota DRP RI Komisi VII, H. Agus Sulistiyono, SE. MT, meminta Dirjen Minerba Kementrian ESDM untuk melakukan evaluasi kepada seluruh izin pertambangan yang bneropereasi di Daerah Istimewa Yogyakarta ( DIY ).

 

Karena banyak laporan masyarakat, para pengusaha tambang mengabaikan aturan main yang sudah disepakati dan merusak lingkungan tanpa berpikir keberlangsungan ekosistem.

 

Para pengusaha tambang juga bersikap dzolim kepada warga masyarakat di sekitar tambang. Dari mulai kasus tidak tidak diberikannya dana sosial ( CSR) kompensasi kepada lingkungan sampai kontrak jual beli yang diingkari.

 

“Saya ingatkan kepada para pengusaha tambang, yang telah mengantongi izin, di awal kan sudah sepakat ada dana reklamasi, ada CSR ada komitmen-komitmen kepada warga dalam bentuk pengusaha ikut mensejahterakan warga sekitar. Jadi kalau di lapangan ditemukan banyak kasus pemegang izin tidak melakukan ketentuan-ketentuan diawal, ya pejabat berwenang harus ambil tindakan, aparat hukum melakukan low inforceman ( penegakan hukum ),” kata Agus Sulistiyono kepada Dirjen Minerba Kementrian ESDM Bambang Gatot, di Yogyakarta.

 

Agus Sulistiyono mengatakan, bahwa banyak masukan dari bawah yang sampai kepadanya, terutama dari wilayah Kabupaten Kulonprogo, Sleman dan Gunung Kidul, kecurangan dan pengusaha tambang pengin untung sendiri, mengabaikan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

 

Agus Sulistiyono mengingatkan, agar para pengusaha tidak main menang sendiri. Karena konkrit sebenarnya keuntungan yangdiperoleh pemerintah jauh lebih kecil dibanding keuntunganyang diperoleh pengusaha, sehingga biaya reklamasi perbaikan konstalasi sosial jauh lebih besar dibanding pendapatan yang didapat dari mengeluarkan izin pertambangan.

 

“ Allah akan murka, sangat murka, jika para pengusaha tambang mengabaikan kelestarian alam dan hanya mementingkan keuntungan sebesar-besarnya melupakan kel;estarian lingkungan,” kata Agus Sulistiyono, kepada Dirjen Minerba Kementrian ESDM Bambang Gatot, saat berlangsung Evaluasi Monitoring Pertambangan Dirjen Pertambangan dan Komisi VII DPR RI, di sebuah hotel di Yogyakarta Jumat ( 29/6/2018).

 

Agus Sulistiyono mengatakan, banyak masukan dari masyarakat di sekitar lokasi tambang bahwa banyak kecurangan pengusaha tambang ( investor ) yang tidak terrekam oleh Pengawas Tambang atau Inspektur Tambang yang ada di wilayah.

 

Kepada Dirjen Minerba Kementrian ESDM dan Direktur Penindakan Kementrian ESDM, Agus Sulistiyono meminta inspektur tambang di wilayah bekerja sungguh-sungguh. “ Saya kan banyak mata banyak telinga, di konstituen, laporan mereka tentu jauh lebih nyata dibanding laporan inspektur tambang, kalau sampai hal-hal di atas tidak diketahui oleh inspektur tambang dan berdampak buruk bagi masyarakat, berarti ada yang tidak beres,” katanya.

 

Pada kesempatan tersebut dengan nada tinggi Agus Sulistiyono meminta maaf kepada seluruh penguasaha tambang yang hadir dalam evalausi tersebut, kalau ia harus membuka satu per satu kasus yang kini terjadi di lokasi pertambangan baik tambanga batu maupun tambang pasir di Kabupaten Kulonprogo, maupun Pertambangan Batu Karst di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

 

Agus Sulistiyono juga mengususlkan agar dalam evaluasi tambang semacam ini, mengikutsertakan tokoh masyarakat, perwakilan warga, karena mereka juga mengawasi dan memonitor perjalanan tambang secara nyata, langsung di lapangan. Sehingga mereka paham betul, bagaimana sebenarnya ulah para penambang di lapangan.

 

“Sekali lagi, saya bukan anti tambang, well come, monggo tetapi semua aturan main harus ditaati, karena sejak awal mengajukan izin penambang sudah sepakat dengan aturan main tersebut. Sehingga ke depan, mereka juga peduli dengan ekosistem, mengerto tentang kelangsungan hidup, agar allah tidak murka,” katanya. (gondo)

Sumber: cakrawala.co

TOTAL KOMENTAR (0)