Kunjungan Masyarakat

Tentang Kunjungan Masyarakat

Bagian Humas Sekretariat Jendral DPR RI adalah bagian yang diberi tugas untuk menerima kunjungan masyarakat. Baik masyarakat yang berasal dari kalangan mahasiswa, pelajar, DPRD maupun masyarakat pada umumnya. Bagian Humas Sekretariat Jenderal DPR RI terbagi atas dua sub bagian, yakni Sub Bagian Penerangan dan Sub Bagian Penyaluran Delegasi Masyarakat (PDM).

 

Masyarakat yang berkunjung untuk tujuan studi wisata dan masyarakat yang ingin mengambil foto kenangan di Gedung DPR akan diterima oleh Humas Sub Bagian Penerangan.  Kunjungan yang berupa studi wisata akan diterima di ruang Operation Room, Gedung Nusantara, dan akan diberi penjelasan mengenai Mekanisme Kerja Dewan Perwakilan Rakyat. Masyarakat yang biasanya datang untuk melakukan studi wisata ini berasal dari sekolah dan perguruan tinggi  (SD, SMP, SMA, Mahasiswa) dan instansi lain seperti kelompok karang taruna, dll.

 

Setelah acara dioperation room selesai masyarakat akan dipandu untuk keliling gedung DPR RI (tour building) khususnya ke Museum DPR RI dan Ruang Sidang Paripurna.  Selama melakukan tour building masyarakat diberikan penjelasan tentang sejarah DPR RI, sejarah gedung dan arti hiasan – hiasan / ornamen yang terdapat pada gedung DPR RI.

 

Sedangkan masyarakat yang datang berkunjung ke DPR RI dengan tujuan untuk menyampaikan aspirasi, mendapatkan ijin meninjau (menyaksikan jalannya Rapat atau Persidangan yang dinyatakan terbuka oleh Pimpinan Rapat atau Pimpinan Sidang) dan mendapatkan ijin untuk melakukan audiensi dengan Alat Kelengkapan Dewan atau Anggota Dewan secara pribadi, serta untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang ingin melakukan kunjungan untuk tujuan konsultasi ke DPR RI ataupun ke Sekretariat Jenderal DPR RI dapat menghubungi Humas Sub Bagian Penyaluran Delegasi Masyarakat.

 

Delegasi Masyarakat yang datang ke DPR RI untuk menyampaikan aspirasi dapat menyampaikan langsung secara tertulis dalam bentuk surat dengan tujuan dan permasalahan yang jelas, untuk kemudian surat tersebut diteruskan kepada Alat Kelengkapan Dewan atau kepada Anggota Dewan secara pribadi oleh Humas Sub Bagian Penyaluran Delegasi Masyarakat (PDM).

 

Bagi masyarakat yang ingin datang menyaksikan jalannya Rapat atau Persidangan yang dinyatakan terbuka oleh Pimpinan Rapat atau Pimpinan Sidang (meninjau) dan yang ingin mengadakan audiensi dengan Alat Kelengkapan Dewan atau Anggota Dewan secara pribadi bisa mendapatkan surat ijin meninjau atau diagendakan untuk audiensi oleh Bagian Humas Sub PDM. Sedangkan untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang bermaksud untuk melakukan konsultasi dengan DPR RI dan Setjen DPR RI akan diterima oleh Bagian Humas Sub PDM untuk kemudian didampingi selama acara konsultasi hingga usai.

 

 

Prosedur Kunjungan Studi Ke DPR

 

1. Mengirimkan Surat Permohonan Kunjungan Studi, dengan rincian:

  • ditujukan kepada: Sekretaris Jenderal DPR RI
  • perihal: Permohonan Kunjungan Studi
  • dicantumkan: (a) hari, tanggal kunjungan; (b) jumlah kunjungan; (c) nomor hp/contact person yang bisa dihubungi; (d) nomor fax atau email untuk dikirimkan surat balasan kunjungan
  • surat ber-kop sekolah/instansi(yang akan berkunjung ke DPR).

 

2. Kunjungan studi diadakan setiap hari Senin-Kamis, kecuali hari libur nasional.

 

3. Waktu kunjungan: 09.00-12.00 wib.

 

4. Jumlah kunjungan maksimal adalah 200 orang (kapasitas maksimal ruangan penerimaan kunjungan).

 

5. Susunan acara kunjungan terdiri dari:

  • Pemberian materi tentang Mekanisme Kerja DPR RI (dengan narasumber dari Sekretariat Jenderal DPR RI) di ruang operation room, Gedung Nusantara
  • Kunjungan ke Museum DPR RI dan dijelaskan tentang Sejarah DPR RI
  • Kunjungan ke ruang Sidang Paripurna 1 (tempat pelantikan Presiden, Wakil Presiden, dan Anggota DPR RI) dan dijelaskan mengenai Sidang Paripurna dan Sejarah Gedung DPR RI.

 

Keterangan lebih lanjut silakan menghubungi:

Bagian Humas Sekretariat Jenderal DPR RI

Gedung Nusantara III Lantai 1 ½, Kompleks Gedung DPR/MPR/DPD

Jl.Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat 10270

Telp. (021) 5715373 atau (021) 5715349

Fax.(021) 5715925

Email: bag_humas@dpr.go.id

 

Keterangan: surat dapat dikirimkan melalui fax atau email (di-scan) atau diserahkan langsung ke alamat di atas.