Komisi-III



Kerusuhan di LP Tanjung Gusta Harus Diusut Tuntas

12-Jul-2013


Anggota Komisi III DPR RI Martin Hutabarat menyampaikan keprihatinan atas kerusuhan yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas 1 Tanjung Gusta, Medan, Sumut. Ia mengaku beberapa kali berkunjung ke LP tersebut dan menilai kualitasnya cukup baik.

"Saya sudah berkali-kali ke lapas itu, sebenarnya saya lihat lapasnya cukup baik, lapangan tengahnya sangat besar, gedungnya bertingkatsehingga menimbulkan tanda tanya juga sebenarnya ada apa kejadian ini sampai mengakibatkan kerusuhan yang begitu besar," katanya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (12/7/13).

Ia meminta Menkumham segera melakukan evaluasi lengkap untuk melacak latar belakang dibalik kerusuhan yang mengakibatkan kaburnya ratusan napi. "Ada protes matinya air dan listrik tapi kemudian meluas menjadi protes PP 99/2012 tentang pengetatan remisi, asimilasi, dan pembebasan bersyarat bagi napi koruptor dan narkoba, kok bisa?" paparnya.

Sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihan Sumut III ia merasa berkepentingan untuk segera meninjau lokasi. "Sore ini saya akan segera kesana," tambah politisi FP Gerindra ini.

Ia juga berharap aparat kepolisian dapat bergerak cepat, mengerahkan segala daya upaya untuk mengembalikan narapidana yang melarikan diri ke lapas. "Ini penting untuk memberikan rasa aman kepada penduduk Kota Medan dan sekitarnya karena mereka pasti mengkhawatirkan masalah keamanan," demikian Martin. (iky)

Foto-foto Terkait

‹ Prev
Next ›

[Back]