Pimpinan



Ketua DPR Terima Kunjungan Kehormatan Dubes China

02-Sep-2013


Ketua DPR Marzuki Alie didampingi anggota DPR Albert Yaputra dan Sekjen DPR Winantuningtyastiti menerima kunjungan kehormatan Dubes China untuk Indonesia Liu Jianchao di ruang kerjanya, Gedung Nusantara III DPR RI, Senin (2/9).

Kunjungannya dimaksudkan untuk memperat hubungan kedua negara termasuk parlemen China dengan DPR-RI.  Dalam kesempatan ini juga dibicarakan mengenai rencana kujungan Presiden baru Republik Rakyat China Xi Jinping yang akan berkunjung ke Indonesia, sebagai negara pertama yang dikunjungi pimpinan tertinggi rakyat China yang dilantik tanggal 15 Maret lalu.

Secara khusus, Dubes Liu Jianchao meminta ijin kepada Ketua DPR agar Presiden China dalam kunjungannya ke Indonesia diberi kesempatan tampil berpidato di depan Sidang Paripurna DPR. Selama ini belum pernah ada Presiden negara sahabat yang berpidato di depan Sidang Paripurna DPR. Kalau para anggota DPR tertarik, bisa diatur pada tanggal 3 Oktober mendatang,” ujar Dubes China yang mengenakan baju batik dalam pertemuan tersebut.

Menanggapi hal tersebut Ketua DPR Marzuki Alie menyambut baik kunjungan Presiden RRC ke Indonesia, sebagai wujud tekad ke dua negara untuk mewujudkan hubungan yang lebih harmonis. Sedangkan mengenai rencana tampil berpidato di depan Sidang Paripurna, Marzuki Alie mengatakan belum ada ketentuan tata tertib yang mengatur pemimpin negara lain berpidato di Sidang Paripurna, apalagi tanggal 3 Oktober jatuh pada hari Kamis, sementara hari paripurna DPR ditetapkan pada hari Selasa.

“Karenanya  usulan ini akan disampaikan ke Badan Musyawarah (Bamus DPR) untuk dibicarakan.  Untuk masalah teknis selanjutnya,  Kedubes China bisa berkosultasi dengan Sekjen DPR,” ungkap Marzuki.

Kepada Dubes Liu Jianchao, Ketua DPR mengharapkan dalam hubungan ekonomi kedua negara,  Indonesia mengalami defisit yang cukup besar.  Pemerintah China diharapkan memberi perhatian masalah ini agar tercapai keseimbangan sehingga saling menguntungkan.

Di bidang olah raga Ketua DPR mengharapkan kepada pemerintah China untuk membantu meningkatkan prestasi olah raga atlet-atlet Indonesia, khususnya cabang olah raga renang. Atas usulan ini Dubes China berjanji akan segera menghubungi  Ketua Komite Olah Raga China sehingga atlet renang Indonesia bisa  meningkat prestasinya mengikuti olah ragawan China yang sudah berprestasi tingkat dunia. (mp)/foto:iwan armanias/parle.

Foto-foto Terkait

‹ Prev
Next ›

[Back]