Sekretariat Jenderal DPR RI

Tentang Sekretariat Jenderal DPR RI

Sekretariat Jenderal DPR RI merupakan unsur penunjang DPR, yang berkedududukan sebagai Kesekretariatan Lembaga. Dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2015 tentang Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (Perpres Nomor 27 Tahun 2015 tentang Setjen dan BK DPR RI) dinyatakan bahwa Setjen dan Badan Keahlian DPR RI adalah aparatur pemerintah yang dalam menjalankan tugas dan fungsinya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Pimpinan DPR RI. Setjen dipimpin oleh Sekretaris Jenderal dan Badan Keahlian dipimpin oleh Kepala Badan Keahlian.

 

Tugas Sekretariat Jenderal DPR RI

Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI mempunyai tugas mendukung kelancaran pelaksanaan wewenang dan tugas DPR RI di bidang administrasi dan persidangan. Di dalam melaksanakan tugasnya, Setjen menyelenggarakan fungsi:

  • Perumusan dan evaluasi rencana strategis Sekretariat Jenderal;
  • Koordinasi dan pembinaan terhadap pelaksanaan tugas unit organisasi di lingkungan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian;
  • Perumusan kebijakan, pembinaan, dan pelaksanaan dukungan administrasi kepada Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia;
  • Perumusan kebijakan, pembinaan, dan pelaksanaan dukungan persidangan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia:
  • Perumusan kebijakan dan pelaksanaan pengolahan data dan pelayanan informasi serta dukungan tertentu pelaksanaan tugas dan fungsi Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian;
  • Perumusan kebijakan dan pelaksanaan pengawasan intern di lingkungan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian;
  • Pelaksanaan kegiatan lain yang ditugaskan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia; dan
  • Pelaporan pelaksanaan tugas dan fungsi kepada Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

 

Susunan Organisasi Setjen DPR RI terdiri atas:

a. Deputi Bidang Administrasi;

b. Deputi Bidang Persidangan; dan

c. Inspektorat Utama.

 

Sekretariat Jenderal juga membawahi 2 (dua) pusat, yaitu:

a. Pusat Pendidikan dan Pelatihan; dan

b. Pusat Data dan Informasi.

 

Lebih lengkap mengenai struktur, tugas dan fungsi organisasi Setjen dan BK DPR RI dapat dilihat di Persekjen No. 6 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Setjen dan BK DPR RI.

 

 

Visi Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI

Terwujudnya Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI yang profesional, andal, transparan, dan akuntabel dalam mendukung fungsi DPR RI.

 

Misi Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI

 

  1. Meningkatkan tata kelola administrasi dan persidangan yang profesional, andal, transparan, dan akuntabel;
  2. Memperkuat peran keahlian yang profesional, andal, transparan, dan akuntabel.