Kemenpora Harus Miliki ‘Database’ Kepemudaan Secara Komplet

14-01-2021 / KOMISI X

Anggota Komisi X DPR RI Esti Wijayati. Foto: Odjie/Man

 

Anggota Komisi X DPR RI MY Esty Wijayati menegaskan, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) harus memiliki database untuk sektor kepemudaan secara komplet, sehingga nantinya dapat mendukung pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP).

 

“Namanya saja Kemenpora, harus memiliki database kepemudaan secara komplet, sehingga ketika kita berbicara tentang Indeks Pembangunan Pemuda, maka bagaimana bisa meningkatkan akses pendidikan, bisa meningkatkan pemahaman soal kesehatan, kemudian ketenagakerjaan, kemudian soal gender, diskriminasi, soal kepemimpinan dan lainnya,” ungkap Esty dalam Rapat Kerja dengan Kemenpora secara daring, Kamis (14/1/2021).

 

Politisi PDI-Perjuangan itu menambahkan, meski anggaran untuk sektor kepemudaan di Kemenpora masih realtif rendah, ke depannya Komisi X DPR RI akan berupaya untuk menaikkan alokasi anggara sektor kepemudaan secara signifikan, sehingga bisa menjadi tumpuan dalam meningkatkan IPP.

 

Selanjutnya, Esty juga menyinggung tentang Indeks Pernikahan Dini yang meningkat sangat tajam di Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, khususnya pada wilayah Kabupaten Gunung Kidul. “Saya melaporkan Indeks Pernikahan Dini di Daerah Istimewa Yogyakarta , khususnya Gunung Kidul meningkat sangat tajam,” tambahnya.

 

Selain itu, legislator dapil DI Yogyakarta ini juga menyinggung tentang pemberian ruang konseling terkait permasalahan-permasalahan pemuda yang terjadi saat ini. Ia berharap Kemenpora dapat memberikan perhatian khusus untuk memberikan ruang konseling terhadap permasalahan-permasalahan pemuda, terutama di masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

 

“Kemudian, kita juga perlu memahami situasi yang membutuhkan perhatian dari Kemenpora terkait dengan hal itu untuk bisa memberikan konseling atau tempat-tempat, ruang-ruang untuk memfasilitasi memberikan konseling terkait permasalahan-permasalahan anak-anak muda di saat (pandemi Covid-19) ini,” terang Esty. (bia/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Anggota DPR Minta Pemerintah Percepat Belajar Tatap Muka
26-02-2021 / KOMISI X
Anggota Komisi X DPR RI Muhammad Khadafi mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat mempercepat pembukaan sekolah tatap muka agar tidak...
Hetifah Minta Pemerintah Pastikan Guru Honorer Mendapat Vaksin
26-02-2021 / KOMISI X
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian meminta pemerintah memastikan guru honorer juga mendapatkan vaksin demi menghindari terjadinya pembedaan...
Vaksinasi Harus Tuntas Sebelum Pembelajaran Tatap Muka Mulai
25-02-2021 / KOMISI X
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda meminta agar program vaksinasi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan segera tuntas sebelum...
Kehadiran ‘Sport Center’ Deli Serdang diharap Mampu Tingkatkan Prestasi Atlet
22-02-2021 / KOMISI X
Anggota Komisi X DPR RI Andreas Hugo mengapresiasi atas prestasi olahraga yang berhasil diraih oleh anak bangsa yang berasal dari...