SETJEN DPR LEPAS 20 ORANG CALON HAJI 2009

21-10-2009 / LAIN-LAIN

        Deputi bidang Perundang-undangan Setjen DPR RI Sartono  memberikan sambutan bagi 17 orang Pegawai Setjen DPR dan 3 orang pensiunan pegawai DPR RI.         

        Didalam sambutannya, Sartono menjelaskan, ibadah haji merupakan mata rantai pengabdian  kita terhadap allah dan tidak dapat berdiri sendiri harus diikuti dengan ibadah lainnya.        

         Pada kesempatan tersebut, perwakilan karyawan Sumarman memberikan sambutan dan pesan kesannya serta harapannya saat menjalankan ibadah haji nanti.        

         Setelah itu, acara dilanjutkan dengan siraman rohani dari Prof Komari Anwar. dia mengatakan, ibadah haji prinsipnya merupakan penyempurnaan ritual dari ibadah. "orang sudah berangkat haji tetapi dirinya tidak solat, zakat dan infak maka ibadahnya belum sempurna,"paparnya.        

         Menurut Komari, keputusan untuk berangkat haji tidak gampang karena mereka akan terpisah dari keluarga dan jabatan. "keputusan tersebut dalam islam merupakan keputusan besar karena perjalanan haji merupakan perjalanan mendekati surga allah,"katanya.        

         Menurut Komari, setiap musim haji minimal 3 juta orang melakukan ibadah haji, semuanya, papar Komari, bisa saja dapat menjadi haji mabrur tergantung dari individunya. "haji mabrur tersebut tidak dapat kolektif, misalnya suaminya menjadi haji mabrur sementara istrinya tidak mabrur,'terangnya.   

        Dia menambahkan, setiap calon haji dapat menjadi mabrur, pertama dilihat dari niatnya yang ikhlas menunaikan ibadah haji, kedua, dilihat manasiknya. "Ketiga ditinjau dari sisi ongkos hajinya, apakah dari uang halal atau bukan, sementara yang keempat adalah hikmah setelah menunaikan ibadah haji, jadi seusai ibadah haji apakah terlihat dari perubahan perilaku orang tersebut,"ujarnya. (si/ol)           


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Legislator Ajak Masyarakat Tingkatkan Persatuan dan Protokol Kesehatan
14-01-2021 / LAIN-LAIN
Anggota Komisi VII DPR RI sekaligus Ketua Panitia Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 MPR, DPR, dan DPD RI...
Anggota DPR Bagikan Bantuan Korban Longsor Sumedang
12-01-2021 / LAIN-LAIN
Bencana tanah longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (9/1/2021) yang lalu menyisakan duka yang mendalam...
Hugua Sampaikan Keprihatinan atas Musibah yang Dialami Pesawat Sriwijaya Air
10-01-2021 / LAIN-LAIN
Anggota DPR RI Hugua menyampaikan rasa keprihatinan dan duka yang mendalam atas musibah jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 di perairan...
Peduli Masyarakat Terdampak Pandemi, Anggota DPR Salurkan 2000 Sembako
08-01-2021 / LAIN-LAIN
Mengawali tahun 2021, Anggota Komisi XI DPR RI Eriko Sotarduga terus memberikan semangat dan dorongan kepada masyarakat yang terdampak pandemi...