Pelabuhan Batam Centre Harus Beri Pelayanan Terbaik

25-10-2022 / B.U.R.T.
Wakil Ketua BURT DPR RI, Achmad Dimyati Natakusumah saat mengikuti Kunjungan Kerja BURT DPR RI ke Batam. Foto: Icha/nvl

 

Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI, Achmad Dimyati Natakusumah, menyampaikan, otoritas pengelola pelabuhan Batam Centre harus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang ingin menyeberang. Ini dipandang penting, mengingat Batam merupakan wilayah penyeberang ke negeri jiran.

 

Dimyati menyampaikan ini saat mengunjungi Batam Centre untuk melihat dari dekat fasilitas, sarana prasarana, dan koneksi antar-stakeholder. “Apalagi, Indonesia negara maritim, kita ingin dorong agar pelayanan di sini bisa menjadi yang terbaik. Sehingga, orang mau ke Singapura, Malaysia, atau mau ke negara-negara bisa melalui pelabuhan atau dermaga di Batam Centre ini. Kita mau manfaatkan secara maksimal sarana dan prasarana yang ada di sini,” seru Dimyati, Minggu (23/10/2022) di Batam, Kepulauan Riau (Kepri).



Dimyati berharap, pelabuhan ini bisa terus berkembang, khususnya pada aspek pelayanan agar lebih cepat, prima, dan manusiawi. Dimyati menekankan, seluruh stakeholders dapat berkoordinasi memberikan pelayanan yang terbaik. “Kita dorong penggunaan angkutan laut lebih bagus lagi dan lebih mudah untuk bisa digunakan oleh masyarakat, karena ini merupakan salah satu publik transportasi yang cukup murah,” jelas politisi dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.


Selanjutnya, Dimyati memaparkan sejumlah temuan dari hasil Kunjungan Kerja BURT DPR RI ke Pelabuhan Ferry di Batam Centre ini. Pertama, antrian pengunjung. Kedua, belum ada signal atau jaringan di negara tujuan, sehingga menghambat proses antrian di imigrasi. Ketiga, tempat yang masih kecil. Keempat, karantina. “Apalagi di masa Covid-19, karantina bukan hanya untuk masyarakat yang Covid-19, tetapi yang ilegal juga. Hal-hal itu yang kita soroti dan minta stakeholders terkait untuk mencari solusi,” tandas Dimyati.



Legislator Dapil Banten I tersebut juga menyoroti protokoler di Pelabuhan Batam, agar memberikan pelayanan terbaik bagi publik dan pejabat. “Kalau di Angkasa Pura I dan II ada yang namanya Joumpa, kalau di sini belum ada. Namun, protokol langsung saja,” ucap Dimyati.

 

Untuk itu, pelayanan di pelabuhan harus terus ditingkatkan serta meminta BP Batam, imigrasi, ASDP, syahbandar, dan perusahaan swasta yang mengelola pelabuhan memberikan pelayanan angkutan laut yang terbaik. “Sehingga, orang senang menggunakan angkutan laut, yaitu Ferry karena lebih nyaman,” tutup Dimyati. (ica/mh)

BERITA TERKAIT
DIPA 2025 Diserahkan, DPR Tegaskan Komitmen pada Rakyat
23-01-2025 / B.U.R.T.
PARLEMENTARIA, Jakarta – Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI, Rizki Aulia Rahman Natakusuma, memimpin rapat bersama Pimpinan Alat...
Rajiv: Perlu Koordinasi Agar Hak Protokoler DPR Tidak Mengganggu Masyarakat
04-12-2024 / B.U.R.T.
PARLEMENTARIA, Boyolali - Anggota DPR RI memiliki hak yang melekat, yang salah satunya adalah Hak Protokoler. Namun, terkadang, publik menilai...
Apresiasi Pelayanan Bandara, Atalia: Komunikasi Harus Dijaga Minimalisasi Kendala
03-12-2024 / B.U.R.T.
PARLEMENTARIA, Boyolali – Anggota Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Atalia Praratya mengapresiasi PT. Gapura Angkasa dan PT. Angkasa...
Bandara Adi Soemarmo Pastikan Kualitas Tetap Terjaga Meski Berstatus Domestik
02-12-2024 / B.U.R.T.
PARLEMENTARIA, Boyolali- Penurunan status Bandara Adi Soemarmo dari internasional menjadi domestik tidak memengaruhi kualitas pelayanan, termasuk layanan keprotokolan untuk anggota...